Kota Denpasar Raih Penghargaan Outstanding Child-Friendly District

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Kota Denpasar sukses meraih penghargaan kategori Outstanding Child-Friendly District di arena CNN Indonesia Awards 2024.

Denpasar melayani kesehatan anak lewat posyandu paripurna secara berkesinambungan sehingga meraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak Tahun 2022.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kota Denpasar sukses menyandang sebagai kota layak anak didasari atas tiga perihal ialah bagian kesehatan, bagian pendidikan, dan bagian insfratruktur.

Terkait pemenuhan kewenangan tumbuh kembang anak, Pemkot Denpasar melakukan aktivitas BKB, BKR, PAUD dan pembuatan rumah pintar, cyber school, sekolah ramah anak, sekolah hijau serta area kondusif sekolah, taman bermain, perpustakaan keliling, radio Pemkot dan perpustakaan keliling.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Denpasar tahun 2022 ini mencapai 84,37.

Jaya Negara menyebut Capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) Tahun 2021 mencapai 96,88. Kemudian Capaian Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) tahun 2021 Kota Denpasar mencapai 67,02.

Selain itu capaian Indeks Perlindungan Anak (IPA) tahun 2021 ialah 70,16, Capaian PPPA wilayah berasas pertimbangan APE tahun 2021 Denpasar berada di katagori utama. Lalu Capaian KLA tahun 2021 ialah Utama nan telah diraih Kota Denpasar.

"Denpasar telah bisa memenuhi kriteria indeks nan ditetapkan Kementerian PPPA dan pada tahun ini di berikan penghargaan berbareng dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sleman," kata Jaya Negara.

Menurut Jaya Negara, sebelumnya Kota Denpasar juga meraih penghargaan Kota Layak Anak dan kembali meraih predikat Utama, serta meraih penghargaan Pengarusutamaan Gender dengan kategori Utama.

"Ini dapat menjadi cemeti semangat meningkatkan program ke depan serta strategi mendukung perlindungan wanita dan anak, sesuai dengan tagline wanita berdaya, anak terlindungi, Indonesia Maju," ujarnya.

Denpasar adalah ibu kota dan sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Provinsi Bali nan saat ini dipimpin oleh wali kota I.G.N. Jaya Negara dan wakil wali kota I Kadek Agus Arya Wibaya. Denpasar juga telah dicanangkan sebagai kota metropolitan baru.

Luas wilayah Kota Denpasar 127,78km alias 2,18 persen dari luas wilayah Bali. Kota Denpasar terdiri dari 4 kecamaan, 16 kelurahan, dan 27 desa. Pada tahun 2022, jumlah penduduknya mencapai 656.405 jiwa.

Denpasar juga menjadi magnet visitor datang ke Bali. Banyak destinasi mulai dari wisata sejarah nan mengedukasi, destinasi unggulan nan jempolan, sampai jenis kuliner wilayah nan bikin ketagihan.

Pada arena kali ini, CNN Indonesia mengangkat topik "Dari Pulau Dewata Menuju Kebanggaan Nusantara". Acara ini digelar di Hotel The Stones, Legian, Bali mulai pukul 18.00 WITA.

CNN Indonesia Awards dihadiri langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Chairman sekaligus pendiri CT Corp Chairul Tanjung.

(juh)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com