Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan ke Warga Sumbawa Besar

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Tak sekalipun tebersit dalam akal Merry Nurazizah alias Merry, penduduk Desa Maluk, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi seorang AgenBRILink. Terlebih, saat itu dirinya begitu awam tentang transaksi perbankan dan beragam faedah nan bisa didapatkan.

Baru menjadi AgenBRILink pada Maret 2023, Merry sudah bisa mendekatkan akses perbankan bagi penduduk di daerahnya. Kini, penduduk Desa Maluk tak perlu menempuh perjalanan berkilo-kilo meter dan menghabiskan berjam-jam untuk melakukan beragam transaksi perbankan ke instansi BRI Unit Sumbawa Besar. Pasalnya, sudah ada fitur Electronic Data Capture (EDC) mini ATM BRI di AgenBRILink tersebut.

Menurut Merry, tetap ada pasang surut dalam upayanya menjadi AgenBRILink, terlebih jika minim modal. Untuk itu, selain melayani transaksi perbankan nasabah, Merry juga menjadi mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alhasil, Merry bisa menyalurkan pinjaman seperti pinjaman KECE (Kredit Cepat) senilai Rp10 juta kepada penduduk sekitar. Berkat penemuan itu, Merry sukses menarik minat para pengguna untuk menggunakan jasa AgenBRILink.

"Untuk mencari para nasabah, bersosialisasi berbareng masyarakat sekitar menjadi kunci utama nan kudu dilakukan. Selain itu, kami aktif dalam melakukan promosi program-program BRILink," ujar Merry.

Semangat Merry untuk belajar dari para pemasok lain menjadi salah satu modal utama. Ketika libur Lebaran, Merry dengan setia menjaga layanannya.

Menurutnya, keputusan untuk buka selama liburan bukan saja menggambarkan kesungguhan melayani nasabah, tetapi juga sebagai upaya mengejar program THR.

"Selama lebaran tetap jalan tidak ada tutup, dan alhamdulilah semakin ramai selama liburan, karna mau mengejar program THR jadi tidak ada libur," kata Mery.

Semangat tak kenal capek Merry itu mengukuhkan kesan, menjadi Agen BRILink bukan pekerjaan biasa. Dirinya dengan tegas menyatakan mempunyai tanggung jawab menjaga kepercayaan para nasabah. Bagi Merry, kepercayaan adalah modal utama nan kudu dijaga dengan penuh integritas dan dedikasi.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, jasa AgenBRILink datang untuk memudahkan masyarakat agar dapat mengakses jasa perbankan. Selain transaksi tarik tunai, juga terdapat jasa untuk kebutuhan harian seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan jasa referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lain.

"AgenBRILink merupakan bukti nyata economic sharing nan dilakukan oleh BRI, lantaran fee nan diperoleh para pemasok bisa mencapai 2-3 kali lipat dari nan diterima oleh BRI. Dengan menjadi agen, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan dan pada ujungnya dapat meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial mereka," kata Supari.

BRI mencatat di sepanjang kuartal I/2024, para AgenBRILink sukses membukukan 285 juta transaksi finansial, meningkat 12,8 persen year-on-year (yoy) dari 252,5 juta transaksi per kuartal I/2023.

Adapun peningkatan itu sejalan dengan volume transaksi mencapai Rp370 triliun pada periode ini. Jumlah AgenBRILink juga meningkat 22,4 persen yoy dari 650.780 pemasok per akhir Maret 2023, menjadi 796.836 pemasok per Maret 2024.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com