Kemkominfo Menghentikan Akses Video LGBT di Iklan Youtube Kids

Jombang, Padangbulan.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) memutus akses konten iklan yang diduga bernuansa LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) di iklan Youtube pada acara anak-anak di Indonesia.

Keputusan ini dibuat berkenaan dengan keluhan masyarakat yang menyayangkan konten dewasa itu bisa muncul di iklan YouTube kids.

“Kementerian Kominfo telah memutus akses konten yang diadukan oleh masyarakat tersebut, serta secara paralel, berkoordinasi dengan pengelola platform untuk mengetahui penyebab kemunculan konten,” kata juru bicara Kemkominfo Dedy Permadi.

Menurut Dedy, sesuai amanat UU ITE dan ketentuan turunannya, para pengelola platform wajib memastikan platform yang dikelolanya bebas dari konten yang melanggar peraturan perundangan.

Selain itu, pihaknya juga terus mengawasi keseriusan para pengelola platform dalam mewujudkan Kelola platform yang aman dan kondusif bagi masyarakat.

Dedy juga berharap agar masyarakat terus meningkatkan literasi digital agar internet dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang menunjang produktivitas.

Lebih lanjut, Dedy juga mengimbau jika ada masyarakat yang mendapati konten negatif bisa segera melapor.

“Masyarakat yang menemukan konten yang melanggar peraturan perundangan kami minta untuk dapat melakukan pelaporan melalui kanal aduankonten.id atau kanal lain yang kami sediakan sebagai upaya bersama menjaga keamanan ekosistem digital Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya, warganet riuh lantaran muncul iklan bernuansa LGBT di iklan Youtube kids di Indonesia.

Iklan Youtube itu diambil dari unggahan akun sinduatiga yang berjudul Sindu-Aku Bukan Homo Official Music Video yang diunggah 9 September 2021. Lirik video ini menceritakan apa yang dilakukan jika seseorang adalah seorang homo.

Video ini ditampilkan dengan grafis 3D yang menampilkan tokoh dua buah pisang yang sedang bernyanyi. Meski berjudul Aku Bukan Homo, namun lirik dalam video ini mendeskripsikan hal-hal terkait homoseksual.

__Posted on
September 13, 2021
__Categories
Teknologi

Author: Muhammad amiril

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *