Kalah lawan Guinea 0-1, Timnas Indonesia gagal lolos ke Olimpiade Prancis 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Sport | SekitarKita.id,- Pupus sudah mimpi Timnas Indonesia U-23 tampil di Olimpiade Paris 2024. Kepastian tersebut didapat setelah di laga playoff melawan Guinea U-23.

Tim Skuad Garuda muda kalah dengan skor 0-1 di Stade Pierre Pibarot, Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Tertinggal 0-1, Indonesia U-23 mencoba merespon. Gol pembuka Guinea U-23 dicetak Ilaix Moriba melalui titik putih (penalti) setelah dijatuhkan Witan Sulaeman di menit 28.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun anak asuh Shin Tae-yong itu nampak kesulitan untuk mengembangkan pola permainan. Witan dkk juga nampak terlihat kesulitan saat duel bola di udara.

Selain itu, Ernando Ari kudu jatuh bangun mengamankan gawangnya lantaran Timnas Indonesia kerap membikin kesalahan di lini pertahanan. Hingga interval pertama usai kelebihan 0-1 untuk Guinea U-23 skor tak berubah.

Di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan pola permainan dengan memainkan Dewangga dan Ramadhan Sananta.

Nampaknya, strategi nan dilakukan Shin Tae-yong belum mengalami perubahan. Di menit 72, Dewangga menjatuhkan pemain Guinea U-23 di area kotak pinalti dan nyaris kebobolan untuk kedua kalinya.

Hingga pada akhirnya, Shin Tae-yong sempat melakukan protes keras terhadap keputusan wasit nan menghadiahi penalti.

Kendati itu, Shin Tae-yong justru diusir wasit lantaran terlalu keras dalam memberikan pendapatnya.

Setelah dihadiahi tendangan penalti, Guinea U-23 kandas mengeksekusi penalti dengan sempurna setelah tendangannya bisa ditepis Ernando Ari.

Tak mau tinggal diam, disisa akhir pertandingan, pemain skuad Garuda Muda terus melancarkan serangan berulang kali namun kandas menjebol pertahanan pemain Guinea.

Skor 0-1 untuk kemenangan Guinea U-23 tetap memperkuat hingga menit ke 90. Kemenangan ini membikin Guinea U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sebagai informasi, bagian olahraga (cabor) sepak bola di Olimpiade Paris 2024 dimulai pada 24 Juli hingga 10 Agustus mendatang.

Timnas Guinea U-23 nantinya tergabung di Grup A Bersama tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Foto: PSSI

Penulis : Abdul Kholilulloh

Editor : Abdul Kholilulloh

Sumber Berita : berbagai sumber

Sumber sekitarkita.id internasional
sekitarkita.id internasional