Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro di Konawe Senilai Rp1,57 Triliun

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 14 Mei 2024 20:11 WIB

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Ameroro senilai Rp1,57 triliun di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5). Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Ameroro senilai Rp1,57 triliun di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5). (Foto: Muchlis Biro Setpres)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5). Bendungan itu menelan anggaran hingga Rp1,57 triliun.

Jokowi mengatakan waduk tersebut dibangun dengan angan mencegah krisis air. Menurutnya, teramat sayang andaikan air nan mengalir dan melimpah dibiarkan mengalir ke laut dan tidak dimanfaatkan.

"Kenapa waduk ini dibangun? Kita tahu beberapa negara sekarang ini mulai terjadi nan namanya krisis air, susah sekali mendapatkan air," kata Jokowi saat peresmian, Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena ke depan air menjadi sesuatu nan krusial sekali bagi kehidupan kita," imbuhnya.

Ia menyebut Bendungan Ameroro dibangun sejak 2020. Bendungan ini berkapasitas tampung 88 juta meter kubik dengan luas 398 hektare.

Bendungan Ameroro merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) nan ditargetkan selesai oleh Kementerian PUPR pada akhir 2023.

Oleh karena itu, Jokowi berambisi proyek waduk tersebut bakal memberikan faedah besar bagi masyarakat di Konawe, termasuk salah satunya mengurangi potensi banjir.

"Ini waduk nan sangat besar sekali dan juga dapat mengurangi banjir, mereduksi banjir nan sebelumnya ada di wilayah sekitar Konawe ini," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]

(khr, mir/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com