Jokowi Panggil Sri Mulyani dan Airlangga Bahas Aturan Impor

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 17 Mei 2024 15:41 WIB

Jokowi menggelar rapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenai patokan impor. (Jokowi) menggelar rapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengenai patokan impor. (Foto: ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengenai patokan impor.

Rapat digelar di Istana Kepresidenan Jakarta secara tertutup. Selain dua menteri itu, ada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Pertemuan tersebut berjalan sekitar 1 jam. Seusai rapat, para menteri enggan memberi keterangan pers.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hari ini belum ada (keterangan pers), kelak saja. Rapat melangkah dengan baik," kata Airlangga di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (17/5).

Airlangga tidak mengonfirmasi apakah rapat itu juga membahas soal penataan Bea Cukai nan belakangan santer disorot lantaran tersandung banyak kasus viral mengenai peralatan bawaan alias kiriman dari luar negeri.

Dia juga tak mau membenarkan apakah pembahasan konsentrasi mengenai Permendag Nomor 7 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor, nan diteken Mendag Zulkifli Hasan pada 29 April 2024.

"Nanti diumumkan," ucap Airlangga sebelum meninggalkan istana.

Sebelumnya, publik memprotes Permendag Nomor 36 Tahun 2023 lantaran dinilai mempersulit penduduk nan hendak berpergian keluar negeri. Aturan itu juga dinilai mempersulit jasa titip (jastip) peralatan dari luar negeri.

Aturan itu juga membikin peralatan bawaan sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) tertahan. Kasus itu menyita perhatian publik.

Pemerintah merespons kegusaran publik dengan merevisi patokan tersebut. Mendag Zulkifli Hasan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2024.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com