Jokowi di Hari Buruh: Setiap Pekerja adalah Pahlawan Perekonomian

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 01 Mei 2024 15:40 WIB

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Buruh kepada seluruh pekerja di Indonesia nan menurutnya adalah pahlawan perekonomian. Presiden Jokowi makan nasi kotak bareng pekerja Pabrik PT Maspion, Sidoarjo, Jatim, Rabu (27/12/2023). Ia menyebut pekerja adalah pahlawan perekonomian. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengucapkan Hari Buruh kepada seluruh pekerja di Indonesia. Menurutnya, semua pekerjaan adalah pahlawan bagi perekonomian.

Ucapan disampaikan presiden melalui unggahan X (twitter) pada Rabu (1/5), sembari mengunggah gambar lukisan dirinya dengan beragam pekerjaan di Tanah Air.

"Setiap pekerja adalah pahlawan sehari-hari nan menjaga roda perekonomian terus berputar. Mari kita teruskan semangat juang para pekerja untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan bersama. Selamat Hari Buruh Internasional," tulis Jokowi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Memperingati Hari Buruh ini, sejumlah serikat pekerja pagi tadi terlihat memadati area patung kuda, Jakarta Pusat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani menyatakan bakal ada puluhan ribu pekerja dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, hingga Banten, nan ikut aksi.

Andi menyebut ada empat tuntutan nan dibawa massa pekerja dalam tindakan tersebut. Pertama, mencabut klaster ketenagakerjaan di omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja.

Kedua, menolak bayaran murah. Ketiga menolak outsourcing dan keempat meminta perlindungan pekerja migran.

Sementara itu, Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyebut mereka juga menyoroti kebijakan perjanjian nan bisa dilakukan berulang-ulang, apalagi bisa hingga 100 kali. Selanjutnya, kata dia, pekerja juga menolak pesangon nan murah.

Said membeberkan dalam patokan sebelumnya seorang pekerja bisa mendapatkan dua kali pesangon ketika kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, saat ini hanya mendapatkan 0,5 kali.

Dia mengatakan Partai Buruh juga menolak patokan nan memudahkan perusahaan untuk melakukan PHK.

Terakhir, Partai Buruh juga menolak patokan mengenai tenaga kerja asing. Dalam UU Cipta Kerja nan baru, tenaga kerja asing boleh bekerja dulu sementara proses administratif sembari berjalan.

[Gambas:Twitter]

(lid/bmw)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com