Jokowi Buka Peluang Bansos Beras 10 Kg Lanjut Sampai Desember

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 17:24 WIB

Presiden Jokowi menyebut bansos beras 10 kg nan berhujung Juni ini bisa dilanjutkan hingga Desember 2024 jika anggaran di APBN memadai. Presiden Jokowi menyebut bansos beras 10 kg nan berhujung Juni ini bisa dilanjutkan hingga Desember 2024 jika anggaran di APBN memadai. (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kesempatan penyaluran bantuan sosial (bansos) beras 10 kilogram (kg) dilanjutkan hingga Desember 2024. Bansos pangan ini disalurkan kepada 22 juta family penerima faedah (KPM).

Awalnya, bansos beras 10 kg mulai diberikan pada akhir 2023 hingga Maret 2024, lampau diperpanjang lagi hingga Juni 2024.

Menurut Jokowi, kemungkinan bisa diperpanjang hingga Desember 2024 andaikan finansial negara memungkinkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi nan 10 kilo ini bakal diteruskan sampai Juni (2024). Akan kita lihat jika kelak APBN itu ada ruang anggarannya bakal diteruskan sampai Desember. Kita bermohon bersama-sama ya agar bisa terus sampai Desember," ujar Jokowi saat memberikan support pangan di Komplek Laende, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Senin (13/5).

Jokowi mengatakan argumen mau memberikan support beras 10 kg hingga akhir tahun lantaran nilai makanan pokok masyarakat Indonesia ini terus naik, lampau diikuti juga komoditas pangan lainnya.

"Jadi kenapa beras 10 kilogram ini diberikan kepada bapak ibu sekalian? lantaran ada kenaikan nilai beras, lantaran nilai pangan internasional itu semuanya naik," jelasnya.

Namun, dia menekankan kenaikan nilai beras serta bahan pangan lainnya di Indonesia tak setinggi negara lain. Sehingga dia berambisi masyarakat tetap bersyukur, apalagi ada support dari pemerintah.

"Kita ini termasuk tetap rendah, ada nan naik tinggi sekali. Ini patut kita syukuri bahwa kita naiknya tidak drastis. Ada nan 50 persen, ada nan dua kalinya. Jadi di Indonesia beras tetap bisa kita kendalikan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com