Jokowi Bakal Wariskan 16 Proyek Strategis ke Prabowo

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 14 Mei 2024 17:31 WIB

Menko Airlangga Hartarto mengatakan 16 PSN di era pemerintahan Presiden Jokowi bakal diteruskan ke pemerintahan Prabowo Subianto. Menko Airlangga Hartarto mengatakan 16 PSN di era pemerintahan Presiden Jokowi bakal diteruskan ke pemerintahan Prabowo Subianto. (Foto: AFP/BAY ISMOYO)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sebanyak 16 proyek strategis nasional (PSN) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal diserahkan ke pemerintahan Prabowo Subianto.

Airlangga mengatakan 16 PSN itu tidak bakal menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Salah satu proyek itu Kawasan Ekonomi Khusus bagian kesehatan di Kawasan BSD City.

"Kemarin terakhir disetujui da 16 (PSN bakal berlanjut. Karena kita punya KEK kesehatan satu di Sanur, dua di BSD, kemudian ketiga di Batam. Karena KEK kesehatan tidak berhenti, selalu dibutuhkan," katanya dalam konvensi pers, Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Airlangga menyampaikan lantaran tidak menggunakan APBN, 16 PSN tersebut memerlukan percepatan perizinan dan akomodasi mengenai lahan.

"Kemudian mengenai fasilitasi agar pembiayaannya lebih cepat," katanya.

Dalam paparannya, Airlangga menjelaskan pemerintah menetapkan 16 PSN baru nan tidak memerlukan APBN dalam pelaksanannya. Sebanyak 16 PSN itu terdiri dari 14 proyek dan 2 program.

Sebanyak 16 PSN tersebut diharapkan dapat mendukung program prioritas pemerintah seperti hilirisasi dan penguatan ketahanan daya seeta pangan. PSN tersebut juga ditargetkan mempunyai nilai investasi nan tidak kecil, dan tidak hanya mengharapkan kemudahan dan akomodasi dari pemerintah.

Sebelumya, Airlangga menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penambahan 14 PSN baru nan pembangunannya bakal dilakukan oleh pihak swasta sehingga tidak menggunakan APBN.

Airlangga merinci sebanyak 14 PSN itu ialah Pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Concept; Pengembangan Kawasan Industri Wiraraja Pulau Galang; Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai Kalimantan Timur; dan Pengembangan Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate Sulawesi Tengah.

Kemudian Kawasan Industri Patimban Industrial Estate Subang; Pengembangan Kawasan Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara; Pengembangan Kawasan Industri Kolaka Resource, Sulawesi Tenggara; dan Pengembangan Kawasan Industri Stargate Astra, Sulawesi Tenggara.

Lalu Pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront; Pengembangan Kawasan Neo Energy Morowali, Sulawesi Tengah; Pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD); Pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau. Pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II Jakarta Utara. Serta Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung.

Sementara itu secara kumulatif Airlangga mengatakan sudah ada 198 PSN nan selesai hingga 2024. Realisasi investasi PSN tersebut mencapai Rp1.614 triliun.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com