Inovasi Prasarana Ruang Kelas KIPIN Menjadi Solusi Pendidikan Digital Pilihan Pemerintah Indonesia

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

KIPIN edtech adalah penemuan teknologi pendidikan nan berkarakter nondisruptif. Dengan kata lain, KIPIN menambah nilai kepada sistem pendidikan nan sudah ada dan melangkah dengan langkah meningkatkan keahlian digital lewat sistem teknologi. Secara inti KIPIN menjadikan setiap sekolah sebagai sekolah nan baik dan tidak lagi tertinggal. Sekolah nan sebelumnya biasa-biasa saja, dengan KIPIN bisa menjadi sekolah nan luar biasa. Ini dicapai dengan menyediakan teknologi terdepan berupa kombinasi intelijen server (hardware) beserta aplikasi intelijen Kipin School 4.0 (software) di setiap ruang kelas.

Kombinasi hardware dan software KIPIN untuk ruang kelas ini menyempurnakan kesiapan digital prasarana ruang kelas menuju Pendidikan 4.0. KIPIN juga memecahkan dua masalah utama nan sering menjadi halangan bagi kebayakan pembimbing dan siswa, yaitu: kesulitan akses internet dan kebutuhan penunjang aktivitas belajar di kelas (terdiri dari materi pembelajaran hingga akomodasi pertimbangan nan efektif). KIPIN menjawab dan memecahkan seluruh masalah tersebut dalam satu paket nan komplit dan mandiri.

Banyak pembimbing sekolah SD, SMP, SMA/SMK, dan madrasah mengatakan bahwa “Menemukan KIPIN sama seperti menemukan kekayaan karun media pembelajaran nan begitu lengkap.” Hal ini dapat dilihat dari 13.000 ulasan positif nan ditulis oleh guru-guru di Google Play untuk Kipin School 4.0.

Sekarang, pemerintah dapat menjadikan setiap sekolah sebagai sekolah nan baik dan “siap digital” tanpa perlu cemas tentang masalah internet dan kelengkapan media pembelajaran lagi. Inovasi server IoT KIPIN menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut dan membantu pemerintah Indonesia dalam memajukan pendidikan nan merata, khususnya untuk wilayah tertinggal alias 3T, dengan sigap dan nyata.

Efektivitas dan faedah KIPIN telah terbukti dan menjadi viral. Hanya dalam 3 tahun sejak server Kipin Classroom diperkenalkan, perusahaan KIPIN sudah menjadi startup edtech nan untung secara operasional dan produknya sukses menjangkau 3.000 sekolah. Keberhasilan ini cukup mengejutkan, dengan rata-rata 100 sekolah baru bertambah setiap bulan. Bila ada 500 siswa per sekolah, maka pengguna aktif KIPIN sudah melampaui 1,5 juta siswa nan menggunakan aplikasi KIPIN setiap hari dalam belajar. Bahkan hingga me

Rahasia KIPIN adalah menghidupkan ekosistem digital di ruang kelas. Setiap pembimbing diuntungkan oleh KIPIN, terbantu dalam tugas mengajar dan asesmen sehari-hari. Lebih dari itu, setiap siswa dapat melakukan “download and go” alias mengunduh materi pembelajaran secara digital ke perangkat mereka masing-masing untuk digunakan belajar di rumah tanpa memerlukan internet lagi. Ini membantu organisasi orang tua dalam menghemat biaya internet dan pembelian materi pembelajaran untuk anak-anak mereka.

Dampak ekonomi dan sosial dari KIPIN edtech menghasilkan hasil nan positif untuk semua pihak: pemerintah, guru, siswa, dan orang tua, dari prasarana ruang kelas sekolah sampai ke rumah. Keberhasilan awal ini dapat menjadi peta-biru untuk diduplikasikan oleh pemda untuk sekolah kabupaten dan kota dalam mencapai pendidikan nan setara dan merata.

Ketahui lebih lanjut seputar Kipin pada:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
Youtube : @PendidikanIndonesia

Sumber pendidikan.id
pendidikan.id