HET Minyakita Bakal Naik Rp1.000 per Liter

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 08:20 WIB

HET minyak goreng bungkusan Minyakita bakal naik Rp1.000 dari Rp14 ribu per liter ke Rp15 ribu per liter. HET) minyak goreng bungkusan Minyakita bakal naik Rp1.000 dari Rp14 ribu per liter ke Rp15 ribu per liter. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Harga satuan tertinggi (HET) minyak goreng bungkusan Minyakita bakal naik Rp1.000 dari Rp14 ribu per liter ke Rp15 ribu per liter.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) pernah menyebut kenaikan HET Minyakita ini bakal dilakukan usai Pemilu 2024, tetapi hingga sekarang belum terjadi.

"Memang packagingnya kan sudah mahal, cuman kelak lah lenyap pemilu. Habis pemilu Rp15 ribu ya," kata Zulhas di Tokopedia Tower, Januari lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan keputusan kenaikan HET Minyakita tetap dalam pembahasan.

"Ya memang Rp14 ribu mestinya, tapi mengikuti perkembangan inflasi. Tapi kita belum memutuskan. Masih kudu rapat menko dulu untuk jadi Rp15 ribu," katanya.

Minyakita adalah produk nan diluncurkan Zulhas pada Juli 2022 lalu. Niat Zulhas kala itu adalah untuk menekan nilai minyak goreng nan melambung tinggi.

Namun, Minyakita sempat langka di pasar pada awal 2023. Kini minyak tersebut sudah tersedia di pasar namun sejumlah pedagang menjualnya di atas HET Rp14 ribu per liter.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan nilai Minyakita beragam di setiap pasar, tetapi rata-rata sudah dijual Rp15 ribu per liter.

"Kalau di atas HET bukan enggak apa-apa, tapi tetap ditolerir sepanjang tidak terlalu tinggi," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com