Geram Jokowi Instansi Pemerintah Punya 27 Ribu Aplikasi Sedot Rp6,2 T

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Senin, 27 Mei 2024 17:27 WIB

Jokowi geram lantaran mendapat info lembaga pemerintah mempunyai 27 ribu nan dibangun dengan duit negara Rp6,2 triliun. Ia berprasangka ada orientasi proyek di situ. Jokowi geram lantaran mendapat info lembaga pemerintah mempunyai 27 ribu nan dibangun dengan duit negara Rp6,2 triliun. Ia berprasangka ada orientasi proyek di situ. ( ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN).

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Jokowi geram dengan kelakuan lembaga pemerintahan. Kegeraman itu dia sampaikan mengenai kegilaan lembaga pemerintah dalam membikin aplikasi.

Catatan Jokowi, sekarang ini ada 27 ribu aplikasi di lembaga pemerintah. Aplikasi itu dibangun dengan menggunakan anggaran Rp6,2 triliun.

Jokowi mengatakan pembengkakan anggaran itu terjadi lantaran lembaga pemerintah terus membikin aplikasi baru. Dia menyebut setiap ada pergantian kepala lembaga alias kepala daerah, pasti ada pembuatan lembaga baru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tadi 27 ribu aplikasi nan ada. Kemarin kita cek waktu bikin anggaran ada Rp6,2 triliun nan bakal dipakai untuk membikin aplikasi baru. Di satu kementerian ada lebih dari 500 aplikasi," kata Jokowi dalam peluncuran INA Digital di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5).

"Orientasinya selalu proyek. Itu nan kita hentikan dan tidak boleh diteruskan lagi," ujarnya.

Jokowi pun menggagas pengintegrasian digitalisasi pelayanan publik. Hal itu diwujudkan dengan penunjukan Perum Peruri sebagai Govtech Indonesia.

Kebijakan itu diikuti dengan peluncuran super apps INA Digital.

Aplikasi itu bakal berisi seluruh jasa publik. Untuk tahap pertama, aplikasi itu berisi jasa seperti BPJS Kesehatan, pengurusan paspor, serta perpanjangan SIM dan STNK.

"Mulai tahun ini berakhir membikin aplikasi nan baru, berakhir membikin platform-platform baru. Setop!" ucap Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/agt)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com