Forkompeta Deklarasikan Lawan Penambang Liar di Jawa Timur

Jombang, Padangbulan.co.id – Forkompeta ( forum Komunitas dan pemerhati Tambang ) berupaya melawan maraknya penambangan liar di Provinsi Jawa Timur. Hal ini dibuktikan, Forkompeta bersama para anggotanya, 27 Mei 2021 saat acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Kewenangannya Reklamasi dan Pasca Tambang melakukan Deklarasi untuk melawan.para penambang liar di Surabaya.

Ada tiga poin penting yang di deklarasikan Forkompeta untuk melawan penambang liar, yakni Kami, Forkompeta bersama para anggota di Ja)wa Timur menentang adanya penambangan liar yang masih berlangsung. Kedua, Kami, Forkompeta bersama para anggota meminta aparat penegak hukum memberikan sanksi kepada penambang liar karena merusak lingkungan dan merugikan negara. Dan yang ketiga, Kami, Forkompeta bersama anggota meminta kepada Bupati yang wilayahnya ada penambangan liar di Jawa Timur segera menghentikan, karena merusak lingkungan masa depan.

Dijelaskan Syaifudin, dari informasi anggota Forkompeta yang berada di berbagai daerah di Jawa Timur, penambang liar kian hari makin bertambah jumlahnya.

“Penambang liar makin sulit di kendalikan, bahkan pengusaha tambang yang sudah mempunyai izin pun mulai resah, karena harga untuk hasil tambang apakah itu pasir, batuan dari penambang liar tidak ada standar, karena penambang liar tidak terkena.beban yang harus di bayar kepada negara, salah satunya adalah pajak,” tegasnya.

Jadi, lanjutnya, sekali lagi mohon aparat kepolisian.mulai dari Polsek, Polres dan Polda di Jawa Timur, jangan ragu- ragu untuk memberikan tindakan tegas, pasalnya penambang liar jelas merusak lingkungan dan merugikan negara. Karena tidak terkontrol oleh stakeholder dan pada akhirnya negara yang disalahkan oleh khalayak atas kelalaianya mengatur alur keberadaan penambang.

Mcd/MDA/PBI

__Terbit pada
Mei 28, 2021
__Kategori
Peristiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *