Dipercaya Redakan Kadar Gula dan Kolesterol, Buah Bidara Banyak di Cari Orang.

Buah bidara biasanya tumbuh di tempat yang kering. Buah bidara dapat digunakan sebagai makanan dan obat. Disebutkan juga buah bidara memiliki kandungan yang dapat mengobati beberapa penyakit dalam tubuh.

Buah bidara (Ziziphus mauritiana) atau disebut juga dengan indian jujube merupakan buah khas dari Asia Selatan yang kaya akan nutrisi. Di Indonesia, buah ini banyak ditemukan di Sumba, Jawa, dan Bali.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah bidara bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Melindungi Hati dari Kerusakan

Manfaat buah bidara dalam melindungi jaringan hati berasal dari kandungan senyawa bioaktifnya. Aktivitas antioksidan dari senyawa-senyawa ini dapat melindungi hati dari paparan senyawa kimia dan peradangan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit hati, misalnya sirosis dan kangker hati.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin berperan penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi ataupun menghasikan antibodi. Kandungan vitamin C pada 100 g buah bidara bisa memenuhi hampir 100% kebutuhan vitamin C harian.

Tidak hanya terhadap infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, misalnya penyakit kanker. Ditambah lagi, buah bidara juga mengandung banyak asam triterpenat yang pernah terbukti dapat membunuh sel kanker melanoma.

Menangkal Radikal Bebas

Buah ini memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat karena terdapat beragam senyawa bioaktif di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan saponin dan tanin yang terdapat dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh, khususnya pada kondisi diabetes. Meski begitu manfaat buah bidara ini masih dibuktikan sebatas pada hewan.

Baca Juga :  Bupati Jombang Menyerahkan Bantuan Perlengkapan Kesehatan Pencegahan Covid 19

Buah bidara ini berbentuk bulat telur dan dapat berukuran hingga 4×6 cm jika dibudidayakan dan berukuran kecil untuk yang tumbuh liar. Disadur dari proseanet.org, buah bidara memiliki ciri berkulit halus atau kasar, mengkilap, tipis namun liat, kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak. daging buahnya berwarna putih, mengerut, dengan banyak sari buah yang agak masam tapi sebagian ada yang manis. Saat matang penuh, buah akan menepung.

Buah bidara sendiri tergolong cukup aman untuk dikonsumsi. Bila Anda ingin mengambil manfaat buah bidara untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat saran terkait efektivitas dan keamanannya terhadap kondisi yang Anda alami.

__Posted on
September 19, 2021
__Categories
Kesehatan, Lifestyle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *