Dihajar Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, STY Tetap Pede Timnas Indonesia Lolos Olimpiade 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tetap percaya diri anak-anak asuhnya bisa tembus ke Olimpiade 2024 Paris. Meski baru saja tumbang 0-2 di tangan Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 pada Senin (29/4/2024) malam WIB, ahli strategi asal Korea Selatan belum kehilangan asa melaju ke turnamen multievent terakbar dunia.

Seperti diketahui, duel Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa memang berjalan alot. Pasukan Garuda Muda terus menerima gempuran dari lawannya dan kesulitan menunjukkan performa maksimal kala berhadapan dengan Serigala Putih.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong sempat memaksakan skor 0-0 bertahan sampai turun minum. Indonesia juga nyaris membuka kelebihan lewat tindakan Muhammad Ferarri nan memanfaatkan kemelut dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, umpama gol tersebut tak dianulir wasit pada menit 63.

Setelahnya, Uzbekistan tampil makin tidak terbendung di hadapan Garuda Muda. Mereka balas mencetak gol melalui Khusayin Norchaev di menit 68. Timnas Indonesia U-23 nan berada di posisi tertinggal justru tertimpa nestapa makin besar memasuki 10 menit akhir waktu normal.

Kapten Rizky Ridho mendapat kartu merah di menit 84, sehingga terpaksa meninggalkan lapangan lebih dulu. Bek Pratama Arhan juga membikin gol bunuh diri 2 menit berselang ketika mencoba menyelamatkan gawang Indonesia dari ancaman pasukan Uzbekistan.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong pun tak bisa melakukan banyak di sisa waktu nan ada. Laga semifinal Piala Asia U-23 2024 berhujung dengan skor 0-2 untuk kemenangan Timnas Uzbekistan U-23.

Shin Tae-yong, mengungkapkan kekecewaannya setelah kalah 2-0 dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U23 AFC. Kekalahan ini membikin Indonesia kudu puas berkompetensi di pertandingan perebutan tempat ke-3 untuk merebut tiket Olimpiade Paris.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Indonesia Berebut Tempat Ketiga dengan Irak

Dengan kekalahan ini, Timnas Indonesia U-23 kandas mendapat tiket Olimpiade 2024 Paris lewat jalur juara alias runner-up Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda sekarang tinggal punya dua pintu altenatif agar bisa tembus ke arena olahraga multievent dunia.

Pertama, Pratama Arhan dan kawan-kawan bisa coba memenangkan laga melawan sesama tim pesakitan Irak, nan tumbang dari Jepang di semifinal AFC Asian Cup U-23 pada Selasa (30/4/2024) awal hari WIB. Keberhasilan merengkuh ranking 3 bakal otomatis membikin Timnas Indonesia U-23 mengantongi slot tanding di Olmpiade.

Kalau pun kalah lagi, Garuda Muda bisa menempuh langkah terakhir ialah via play-off antarkonfederasi. Timnas Indonesia U-23 kudu menantang Guinea nan sebelumnya finis sebagai ranking 4 dalam gelaran AFCON U-23, Juli tahun lalu.

Shin Tae-yong Tetap Optimistis

Terlepas dari misi berat tersebut, pembimbing Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tetap optimistis anak-anak asuhnya bisa melewati jalur nan ada untuk melaju ke Olimpiade Paris.

Juru strategi asal Korea Selatan pun mengeklaim skuad juga punya kepercayaan besar, sehingga bakal berupaya mempersiapkan diri secara maksimal jelang menghadapi duel kontra Irak pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

"Saya biasa mempercayai diri sendiri, dan sekarang saya mau percaya juga dengan para pemain. Kami semua percaya bahwa kami bisa tembus ke Olimpiade," ucap STY selepas kekalahan dari Uzbekistan.

"Tentu saja, para pemain sudah capek sekarang, baik secara bentuk maupun mental. Akan tetapi, kami tetap bakal menghadapi pertandingan krusial pada 2 Mei."

"Jadi besok (hari ini) kami bakal rehat sedikit, lampau kami bakal menjalani persiapan untuk pertandingan selanjutnya," sambung ahli strategi Timnas Indonesia U-23 pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga