BTN Tawarkan Skema Khusus Bagi Gen Z dan Milenial Miliki Rumah Impian

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

tim | CNN Indonesia

Minggu, 28 Apr 2024 21:01 WIB

BTN menawarkan Program KPR BTN Gaess for Milenial untuk membantuk Gen Z dan kaum milenial mempunyai rumah. Berikut tawarannya. BTN menawarkan Program KPR BTN Gaess for Milenial untuk membantuk Gen Z dan kaum milenial mempunyai rumah. Berikut tawarannya. ( ANTARA FOTO/Adeng Bustomi).

denpasar, CNN Indonesia --

PT Bank Tabungan Negara (Persero) alias BTN menawarkan skema unik bagi para kaum milenial dan Gen Z nan mau mempunyai rumah impian.

DRM Business Wilayah 3 BTN Carly Tambunan menyebut tawaran unik itu berbentuk Program KPR BTN Gaess for Milenial. Dengan program ini milenial dan Gen Z nan mau membeli rumah bisa mengusulkan KPR ke BTN dengan hanya bayar kembang 2 tahun dan duit muka 0 persen dan jangka waktu angsuran 30 tahun.

"Kami berikan opsi di program ini berupa bayar kembang 2 tahun. Ini memudahkan teman-teman ambil KPR. Bunga setelahnya bisa diberikan murah 6,99 persen selama 2 tahun, duit muka bisa 0 persen jangka waktu bisa 30 tahun. Ini bakal membantu mereka," katanya dalam Journalist Convocation berjudul 'Harga Properti Selangit, Memang Boleh Semahal Itu?' nan digelar di Denpasar, Bali akhir pekan ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan akomodasi ini diberikan dengan beberapa pertimbangan. Terutama lonjakan nilai rumah nan terjadi belakangan ini. 

Ambil contoh di wilayah Badung, Bali. Harga rumah KPR BTN di wilayah tersebut pada 2022 lampau rata-ratanya tetap di kisaran Rp506 juta. Tapi pada 2023 dan 2024, nilai rumah tersebut melesat berturut-turut menjadi Rp638 juta lampau Rp900 juta.

Di Denpasar pada periode nan sama, nilai juga merangkak naik dari Rp592 juta, ke Rp661 juta dan lanjut lagi ke Rp863 juta. Lalu di Klungkung nilai baik dari Rp200 juta ke Rp313 juta menjadi Rp365 juta.

Sementara itu di wilayah Tabanan, nilai naik dari Rp325 juta ke Rp361 juta lampau ke Rp431 juta.

"Naiknya kisaran 11-41 persen secara year on year," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Celakanya, kenaikan nilai rumah nan gila-gilaan itu tak sebanding dengan peningkatan penghasilan kaum milenial dan Gen Z. Padahal katanya, sebagian besar pengguna nan mengusulkan KPR sebagian besar berada di golongan usia tersebut.

Rinciannya, masyarakat berumur 21-30 tahun sebesar 41 persen. Masyarakat nan usianya 30-40 tahun porsinya mencapai 40 persen.

Sementara mereka nan berumur di atas 40 tahun hanya beberapa saja. 

"Ini dilema. Di satu sisi mau genjot KPR, tapi di sisi lain terkendala repayment capacity nan naiknya lebih mini dari nilai rumah. Makanya, solusi kami untuk bantu milenial punya rumah ya dengan Program KPR BTN Gaess for Milenial," katanya. 

(agt/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com