Jakarta, CNN Indonesia --
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) alias BRI menerima penghargaan dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024, masing-masing sebagai ranking pertama dalam kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo, dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.
Survei dilakukan oleh lembaga riset MRI, bekerjassama dengan Majalah Infobank. BSEM sekaligus memperlihatkan peningkatan keahlian pada sejumlah aspek produk dan jasa BRI, khususnya sisi digital channel.
Direktur Retail Funding & Distribution BRI, Andrijanto mengatakan bahwa perseroan bakal selalu berupaya menyesuaikan diri dengan kebutuhan jasa finansial di masyarakat. Pencapaian pada BSEM 2024 bakal menjadi motivasi bagi perseroan untuk terus memberikan jasa terbaik.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
"Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas jasa baik dari sisi walk in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan experience pengguna di semua touchpoints," kata Andrijanto.
Pada aspek Mobile Banking Bank, secara keseluruhan skor BRI meningkat 2.65 point dan naik 3 ranking dari tahun lalu. Hal ini menjadikan BRImo sebagai Mobile Banking terbaik jenis penilaian MRI dengan menduduki ranking 1 pada 2024.
Selain itu, Chatbot BRI "Sabrina" juga menyabet predikat Performa Terbaik Chatbot Bank. Dengan peningkatan skor sebesar 16.28 point dari tahun 2023, Sabrina Chatbot meraih ranking 1 tahun ini.
Andrijanto menambahkan, BRImo saat sudah sudah dapat memberi beragam kemudahan jasa keuangan, mulai tabungan, investasi, asuransi, hingga akomodasi untuk menjadi merchant BRI. Nasabah juga dipermudah berinvestasi melalui BRImo, mulai pembelian emas, surat berharga, biaya pensiun, hingga pembukaan deposito.
Menurut Andrijanto, seluruh penemuan itu dilakukan dalam konsep 'beyond banking service' untuk menemani keseharian nasabah.
Chatbot BRI Sabrina juga dikembangkan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) nan lebih human-like layaknya manusia, di mana pengguna dapat menyapa dan berbincang dengan Sabrina mengenai produk dan jasa BRI, seperti info letak kantor, ATM BRI, AgenBRILink, dan letak merchant BRI terdekat, juga mendapatkan info promo BRI, cek saldo, mutasi rekening, hingga mengatasi hambatan transaksi nasabah.
Teknologi lain nan disematkan pada Sabrina adalah Large Language Model (LLM) nan dapat meningkatkan pemahaman bakal pertanyaan dan situasi nan dihadapi nasabah, sehingga Sabrina bisa memberikan respons nan presisi dan relevan dalam bahasa wilayah Indonesia, seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dan wilayah lainnya.
(rea/rir)
[Gambas:Video CNN]