BRI Menanam Grow dan Green Bantu Jaga Ekosistem Laut Ujung Bulo

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI melalui program BRI Menanam - Grow & Green menyalurkan support berupa training sadar wisata, sertifikasi selam untuk jenjang A1 (open water) dan jenjang B1 (instruktur) bagi penyelam, hingga support peralatan selam kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ujung Bulo, Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Selatan.

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto menyampaikan bahwa program BRI Menanam - Grow & Green merupakan upaya memerangi perubahan suasana melalui pemulihan dan pelestarian ekosistem nan berkelanjutan. Kepada Pokdarwis Ujung Bulo, BRI Menanam - Grow & Green juga memberikan support transplantasi terumbu karang sebanyak 1.800 bagian dengan media tanam 100 buah spider web.

"Semoga support nan diberikan bisa dimanfaatkan oleh Pokdarwis Ujung Bulo dan kelompok-kelompok lainnya, sehingga dapat mendorong pariwisata Pantai Ujung Bulo. Selain itu, tentunya program Grow & Green ini bisa mendukung kelestarian eksostem laut di Pantai Ujng Bulo dan Pulau Karampuang," kata Catur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Catur menyatakan, penyelenggaraan program BRI Menanam - Grow & Green meliputi penyusunan kreasi program, penyediaan bibit, penanaman, serta pemeliharaan dan pendataan kondisi perkembangan tanaman maupun terumbu karang.

Ketua Pokdarwis Ujung Bulo, Hasan, menyampaikan terima kasih atas support nan diberikan BRI. Hasan menegaskan, sejak berdiri 2 tahun lalu, masyarakat setempat melalui Pokdarwis bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian Ujung Bulo.

"Pokdarwis ini kami corak untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, juga pelayanan kepada visitor nan datang ke Ujung Bulo. Kami mengelola program UMKM dengan masyarakat nan ada di Ujung Bulo, melayani para pengunjung," katanya.

Hasan menjelaskan, saat ini Pokdarwis tengah berfokus menggali potensi wisata bahari Ujung Bulo. Kini, berkah BRI Menanam - Grow & Green, Pokdarwis Ujung Bulo dan masyarakat dapat menjaga sumber daya alam dan ekosistem terumbu karang dengan lebih maksimal.

Menurutnya, training dari BRI bakal berfaedah agar personil nan mempunyai sertifikat dapat mendampingi visitor melakukan diving. Sementara, support transplantasi terumbu karang juga berfaedah untuk menjaga kelestarian eksosistem laut Ujung Bulo.

"Kami berterima kasih kepada BRI. Ini tentunya membikin kami semakin semangat melakukan aktivitas untuk merawat dan melestarikan lingkungan wisata Pulau Karampuang. Kerja sama ini juga memberikan kesempatan pada kami untuk mengembangkan pokdarwis ini," kata Hasan.

Untuk diketahui, program BRI Menanam - Grow & Green nan melangkah mulai 2023 telah menanam 42.800 bibit pohon seperti mangrove, pinus laut, dan tanaman produktif seperti durian, kopi, aren, pinus, hingga pala. Program ini juga telah melakukan transplantasi 2.430 bagian terumbu karang.

Melalui BRI Menanam - Grow & Green, BRI mewujudkan komitmen mendukung dan menjaga ekosistem dengan biodiversitas laut tertinggi, juga melindungi pantai dan wilayah pesisir, serta mengurangi pemanasan global.

Hingga saat ini, program BRI Menanam - Grow & Green telah memberdayakan 17 golongan tani/nelayan dalam penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, serta pendataan dan monitoring tanaman/fragmen terumbu karang.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com