Bos IMA Beber Peran Pengusaha Tambang di Proyek Hilirisasi Jokowi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

MONEY HONEY

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 14:10 WIB

Direktur Eksekutif IMA Hendra Sinadia mengatakan industri tambang mendukung kebijakan hilirisasi Jokowi, dari nikel dan selanjutnya di tembaga. Direktur Eksekutif IMA Hendra Sinadia mengatakan industri tambang mendukung kebijakan hilirisasi Jokowi, dari nikel dan selanjutnya di tembaga. (Foto: CNN Indonesia/Ramadhan Nur Fadillah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesian Mining Association (IMA) menyatakan pengusaha tambang sangat berkedudukan dalam proses keberhasilan kebijakan hilirisasi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Eksekutif IMA Hendra Sinadia mengatakan industri tambang sangat berkedudukan nyata mendukung kebijakan pemerintah. Hal ini tercermin dari keikutsertaan pengusaha tambang di hilirisasi nikel dan selanjutnya di tembaga.

"Kalau mineral sendiri personil IMA sudah ada bukti nyata ya, di nikel kita sudah, semua nikel ya. Tembaga dalam beberapa minggu ke depan bakal mulai secara berjenjang beraksi smelter tembaga di Jawa Timur, di Gresik dan juga di NTB," ujarnya dalam Podcast Honey Money CNN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, dia mengakui untuk hilirisasi batu bara memang ada tantangan tersendiri. Sebab, belum banyak negara nan melakukan sehingga teknologinya baru dan cukup mahal.

"Kemudian jika berbincang hilirisasi batu bara, nah ini nan betul-betul berbeda ya, hilirisasi batu bara memang diwajibkan dalam Undang-undang dan teknologinya mahal, tetap sampai sekarang belum ekonomis," jelasnya.

Karenanya, saat ini pelaku industri pun ikut melakukan kajian ke beragam negara untuk mencari langkah untuk melaksanakan hilirisasi batu bara ini. Tujuannya, agar dalam pelaksanaannya kelak bisa melangkah dengan baik.

"Sehingga perusahaan-perusahaan sekarang sedang melakukan penjajakan studi untuk mencari format nan paling tepat untuk berinvestasi di hilirisasi batu bara," pungkasnya.

"Sekarang sudah melangkah prosesnya tapi untuk mencari funding-nya juga nggak mudah, lantaran perusahaan-perusahaan perbankan sudah banyak meninggalkan funding untuk batu bara.

[Gambas:Video CNN]

(ldy, wlm/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com