Blak-blakan Bos Roatex soal Cantas, Aplikasi Bayar Tol Tanpa Setop

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 29 Mei 2024 08:15 WIB

Bos Roatex Attila Keszeg menjelaskan aplikasi tol tanpa setop nan diberi nama Cantas oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Bos Roatex Attila Keszeg menjelaskan aplikasi tol tanpa setop nan diberi nama Cantas oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bos Roatex Indonesia Tol System (RITS) Attila Keszeg blak-blakan soal Cantas, aplikasi tol tanpa setop yang dicetuskan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Roatex adalah badan upaya pelaksana (BUP) sistem multi lane free flow (MLFF). Nantinya, para pemilik kendaraan kudu mendaftar di aplikasi Cantas agar bisa melintas di jalan tol.

"Kreatifitas Pak Basuki sangat jelas, lantaran nama Cantas datang dari beliau. Terima kasih Pak Basuki. Dalam bahasa, ini berfaedah sigap tanpa setop," tuturnya dalam Media Briefing di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (28/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Roatex menegaskan transaksi pembayaran tol nirsentuh menggunakan teknologi dunia navigation satellite system (GNSS). Dengan teknologi ini, pengguna jalan tol diklaim bisa diakses melalui aplikasi di smartphone.

Aplikasi Cantas disebut terpasang electronic-on board unit (e-OBU) dan terbaca oleh satelit.

Akan tetapi, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan tetap ada beberapa tahapan agar MLFF bisa dilakukan. Oleh lantaran itu, pemerintah bakal menerapkan single line free flow (SLFF) mulai Oktober 2024 mendatang.

Salah satu nan disorot Hedy adalah kualitas internet di gerbang tol. Ini krusial untuk penerapan Cantas.

"Aplikasinya sebenarnya sudah ada, namanya Cantas. Cuma kelak kita perlu sesuaikan dengan perkembangan (implementasi) SLFF itu," ungkap Hedy selepas acara.

"Belum (tersedia di Play Store dan App Store) lantaran kelak kita bakal uji coba dulu dan SLFF ini kan belum selesai," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com