Jakarta, CNN Indonesia --
Bank Mandiri kembali meraih prestasi membanggakan dengan masuk ke dalam daftar World's Best Bank 2024 jenis Forbes. Media ekonomi internasional ini menobatkan Bank Mandiri sebagai bank pelat merah terbaik di Indonesia.
Dalam menyusun daftar ini, Forbes bekerja sama dengan Statista, sebuah platform info dan intelijen upaya dunia dengan melakukan survei kepada lebih dari 48.000 pengguna di 32 negara dengan memandang beberapa aspek.
Aspek penilaian tersebut meliputi, kepercayaan pelanggan, jasa nasabah, ketentuan dan biaya, jasa digital, dan saran mengenai keuangan. Adapun World´s Best Bank sudah diterbitkan Forbes selama lima tahun.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Managing Director RBC Capital Markets Gerard S. Cassidy mengatakan, korporasi nan termasuk dalam daftar ini merupakan bank nan memberikan jasa terbaik kepada nasabah.
Kemudian, didukung profitabilitas nan baik, serta memberikan kemudahan akses jasa berbasis digital. Tentunya, tetap memberikan opsi pelayanan konvensional nan memudahkan nasabah.
Bank Mandiri sukses mempertahankan posisinya sebagai salah satu World's Best Bank sejak tahun 2021. Prestasi ini terbilang luar biasa karena Bank Mandiri merupakan 1 dari 17 bank terpilih di Indonesia, dan 1 dari 415 bank terpilih di bumi nan termasuk di dalam daftar tersebut.
Menanggapi perihal ini, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyatakan, prestasi tersebut menjadi bukti kepercayaan pengguna kepada komitmen pihaknya untuk selalu memberikan pengalaman perbankan terbaik kepada nasabah.
"Bank Mandiri bakal terus meningkatkan kontribusinya untuk perekonomian Indonesia. Kami bakal terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah," kata Darmawan dalam keterangannya dikutip Rabu (8/5).
Selain itu, lanjut Darmawan, Bank Mandiri juga terus berupaya untuk meningkatkan akses terhadap jasa finansial (access to finance) kepada masyarakat. "Yang sesuai dengan kriteria prioritas pemerintah dan pemberdayaan UMKM," ujar Darmawan.
Dilansir dari Laporan Keberlanjutan Bank Mandiri 2023, Bank Mandiri terus berfokus dalam peningkatan jasa dengan memberikan solusi finansial nan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Bank Mandiri juga terus melakukan pengembangan digitalisasi jasa perbankan untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia.
Kemudian, beragam Informasi produk dan jasa finansial pun disediakan dalam corak nan mudah dipahami dan juga dapat diakses secara digital maupun konvensional melalui kantor-kantor bagian Bank Mandiri nan tersebar di seluruh penjuru Indonesia.
Tidak sampai di situ, sejalan dengan peningkatan pelayanan, Bank Mandiri juga terus meningkatkan kualitas pelayanan, dimulai dari kreasi transparansi info produk, perlindungan info nasabah, hingga penanganan keluhan nasabah.
Dari sisi customer service, pada 2023 Bank Mandiri sukses menyelesaikan 100 keluhan keluhan nan masuk sesuai dengan SLA (Service Level Agreement) nan telah ditetapkan.
Kemudian, Bank Mandiri mempunyai badan independen internal untuk melakukan peninjauan terhadap pengaduan nasabah, sesuai dengan prosedur dan sasaran nan telah ditetapkan.
Langkah tersebut tak lepas dari komitmen bank berlogo pita emas ini dalam menerapkan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) nan terus diakselerasi dengan tujuan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.
Sementara di sisi produk digital, Bank Mandiri telah mempunyai Livin' by Mandiri nan merupakan financial super app nan menghadirkan jasa perbankan komprehensif.
Layanan ini dapat diakses oleh siapapun dengan mudah melalui smartphone, termasuk kepada masyarakat nan termasuk dalam kategori underbanked & underserved demographics. Ditambah lagi, digitalisasi upaya melalui Livin' SuperApp ini juga tetap mengutamakan privacy & info security nasabah.
Bank Mandiri juga memandang kesempatan untuk berinovasi dengan melakukan digitalisasi terhadap sektor UMKM. Demi menunjang perihal tersebut, Bank Mandiri menghadirkan penemuan aplikasi Livin´ Merchant by Mandiri. Aplikasi ini memberikan kemudahan akses ke jasa perbankan (access to finance) bagi pelaku UMKM.
Livin´ Merchant dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi kasir (point of sales) nan langsung mendigitalisasi aktivitas transaksi dan menerima pembayaran langsung melalui sarana QRIS nan dapat discan oleh pembeli menggunakan rekening bank manapun maupun e-wallet apapun.
Aplikasi ini juga dapat digunakan tanpa dikenakan biaya, nan tentunya bakal sangat membantu menekan biaya operasional usaha. Merchant juga langsung mendapatkan pencairan biaya pada hari nan sama sebanyak tiga kali sehari, nan secara signifikan juga krusial untuk membantu perputaran modal kerja bagi UMKM.
Melalui beragam peningkatan jasa finansial nan telah dilakukan oleh Bank Mandiri, ditambah dengan semangat untuk terus berinovasi, bakal semakin menegaskan posisi Bank Mandiri sebagai bank pelat merah terbaik di Indonesia
(inh)