Bank Mandiri Imbau Nasabah Waspadai Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Bank Mandiri menegaskan bahwa saat ini pihaknya tidak mempunyai program undian berhadiah nan sedang berlangsung, termasuk program "Gebyar Undian Grand Prize" nan beredar di media sosial.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman memastikan info "Gebyar Undian Grand Prize" merupakan modus penipuan nan dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Menurut dia, pelaku sengaja menyebarkan link website phishing melalui program undian tiruan untuk menjerat korban, khususnya pengguna media sosial. Untuk itu dia mengimbau masyarakat dan pengguna berhati-hati terhadap penipuan nan mengatasnamakan Bank Mandiri ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami mengimbau masyarakat dan pengguna Bank Mandiri untuk lebih berhati-hati. Kami pastikan itu adalah penipuan. Kami tidak mempunyai program undian berhadiah nan sedang berlangsung," katanya dalam keterangan resmi pada Minggu (5/5).

Ia menuturkan, modus penipuan nan dilakukan pelaku adalah dengan membikin akun tiruan mengatasnamakan Bank Mandiri di sosial media seperti FB dan Instagram.

Kemudian oknum tersebut memuat postingan dengan narasi "Gebyar Undian Grand Prize" dari Bank Mandiri serta mencatut foto senior manajemen bank BUMN tersebut. Dari postingan tersebut, calon korban diarahkan untuk mengklik website phishing.

Kemudian, dari link tersebut, pelaku meminta calon korban untuk mengisi nomor handphone, kredensial kartu debit seperti nomor kartu, expired date, kode CVV, password, PIN, kemudian diakhiri dengan form pengisian kode OTP.

"Hal inilah nan dapat menyebabkan timbulnya kerugian finansial bagi siapa saja nan mengisinya. Sehingga kami meminta pada seluruh pengguna untuk lebih berhati-hati," papar Teuku Ali.

MandiriTangkapan layar tindakan penipuan mengatasnamakan Bank Mandiri. Foto: Bank Mandiri.

Tak hanya itu, akun tiruan nan mengatasnamakan Bank Mandiri tersebut membikin postingan dengan mengambil konten terbaru dari akun resmi Bank Mandiri kemudian menyelipkan narasi adanya "Gebyar Undian Grand Prize" nan mengarah pada website phishing.

Teuku Ali kembali menegaskan, Bank Mandiri saat ini tidak ada program undian berhadiah. Oleh lantaran itu, jika menerima info mencurigakan, hubungi Mandiri Call 14000 alias MITA Whatsapp.

Adapun, link resmi Bank Mandiri nan dapat diakses untuk mengetahui program-program Bank Mandiri yaitu https://bankmandiri.co.id/en/promo-mandiri alias klik fitur promo nan ada di superapp Livin' by Mandiri.

"Akun resmi IG Bank Mandiri adalah @bankmandiri, sedangkan FB resmi ialah Bank Mandiri, dan twitter official adalah @bankmandiri dengan centang biru, hanya itu. Jadi selain itu, tolong jangan percaya," pungkasnya.

Teuku Ali kembali mengingatkan agar pengguna selalu #JagaBaikBaik info rahasia perbankan seperti kode OTP sebagai verifikasi transaksi nan dikirimkan ke HP, nomor kartu debit/kredit, CVV/CVC (tiga nomor dibelakang kartu), PIN, User ID dan password untuk tidak diberikan kepada siapapun dengan argumen apapun.

(inh/inh)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com