(2/04/2021) /padangbulan.co.id

Banjir merendam 8 Desa 3 Kecamatan di Jombang

Jombang,padangbulan.co.id-hujan deras mengakibatkan Sungai Pancir Gunting dan Catak Banteng di Jombang meluap. Luapan dua sungai besar ini mengakibatkan 8 Desa di 3 Kecamatan terendam banjir.

Banjir salah satunya menerjang Dusun Kebondalem dan Pekunden di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung. Banjir mulai merendam permukiman penduduk pada Kamis (01/april/2021) sekitar pukul 19.30 WIB.

“Kemarin malam banjir paling dalam sampai 2 meter. Sekarang tinggal di jalan-jalan 30-60 cm,” kata Kepala Dusun Kebondalem, Irwan Susanto kepada awak media di lokasi, Jumat (02/april/2021).

Irwan susanto menjelaskan, banjir kali ini berdampak terhadap 659 kepala keluarga (KK) di Desa Kademangan, Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

Warga sempat mengungsi ke balai desa setempat, Namun pagi tadi para korban banjir sudah bisa pulang untuk membersihkan rumah mereka dari lumpur.

“Ada 659 KK yang terdampak kemarin karena banjirnya lebih besar dari sebelumnya. Saat ini genangan air di Dusun Kebondalem dan Dusun Pekunden alhamdulillah sudah mulai surut,” tutur Irwan.

Sama dengan sebelumnya, lanjut Irwan, banjir kali ini akibat meluapnya Sungai Catak Banteng dan Pancir Gunting. Kedua sungai besar itu meluap karena tidak mampu menampung debit air dari wilayah hulu. Yakni di Kecamatan Wonosalam, Jombang dan Kandangan, Kediri.

“Penyebabnya kemarin sore dari hulu daerah Wonosalam dan Kandangan hujan deras. Sehingga aliran dari hulu ke Sungai Pancir Gunting dan Catak Banteng naik debit airnya,”

Desa Kademangan sudah puluhan tahun menjadi langganan banjir selama musim hujan. Kondisi ini membuat warga tenang. Seperti yang diungkapkan Mudiono (61).

(MDA/PBI)

__Terbit pada
April 2, 2021
__Kategori
Peristiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *