Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Ditutup Imbas Erupsi Gunung Raung

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Makassar, CNN Indonesia --

PT Angkasa Pura I (AP I) menutup sementara operasional Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, setelah Gunung Ruang kembali erupsi.

"Iya benar, Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup mulai hari ini sampai tanggal 1 Mei pukul 12.00 WITA," kata Humas Bandara Sam Ratulangi Manado Yanti Pramono kepada CNNIndonesia.com, Selasa (30/4).

Penutupan sementara bandara, terang Yanti berasas hasil pengamatan aktifitas abu vulkanik Gunung Ruang dan Notam : A1148/24 NOTAMR A1144/24.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara," ungkapnya.

Bandara Sam Ratulangi sebelumnya sempat beraksi normal setelah ditutup akibat dampak erupsi Gunung Ruang, sejak Kamis (18/4) hingga Senin (22/4) pukul 12.00 WITA.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Maya Damayanti mengatakan berasas rapat koordinasi nan dipimpin oleh Otband Wilayah VIII dengan stakeholder lainnya ialah Airnav Indonesia, BMKG, maskapai penerbangan.

"Akhirnya diputuskan operasional Bandara Sam Ratulangi dibuka kembali di jam 12.00 Wita, Senin (22/04) nan dituangkan melalui NOTAM (Notice To Airmen) bernomor : A1054/24 NOTAMC A1041/24," kata Maya dalam keterangan tertulisnya.

Beroperasinya Bandara Sam Ratulangi, terang Maya, berasas hasil dari uji nan dilakukan pihak Angkasa Pura I melalui paper test nan dipasang di beberapa titik-titik airside serta hasil pantauan dari gambaran satelit BMKG dan koordinasi dengan PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi) nan telah menetapkan bahwa erupsi Gunung Ruang sudah pada level status jaga bukan hati-hati lagi artinya sudah pada level 3.

"Ini juga didukung dimana debu vulkanik sudah terkena hujan sehingga bakal meluruhkan abu tersebut. Untuk runway juga sudah siap digunakan dikarenakan hujan sudah meluruhkan abu abu nan tersebar di runway, taxiway dan apron," ungkapnya.

Tercatat sejak Kamis tanggal 18 April sampai dengan hari ini jam 12 siang airport ditutup, kata Maya akibat erupsi Gunung Ruang ini.

"Sejak dibuka kembali dijadwalkan ada 12 pesawat dengan 1.233 penumpang nan bakal direncanakan berangkat, namun maskapai penerbangan memerlukan waktu juga untuk prepare terhadap penumpang dan pesawatnya," jelasnya.

Dari info dari pihak Airnav Indonesia bahwa sejak diputuskannya operasional airport dibuka kembali, langsung berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk pengaturan lalulintas penerbangan demi terjaminnya keselamatan nan menjadi prioritas utama.

"Diharapkan Bandara Sam Ratulangi secara keseluruhan bisa melayani penerbangan dan dihimbau bisa menghubungi maskapai penerbangannya masing masing," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(mir/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com