Airlangga Pelajari Program Makan Siang Gratis dari Jepang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 25 Mei 2024 06:15 WIB

Program makan siang cuma-cuma digagas oleh presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan menjadi program utama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah Indonesia juga mempelajari program makan siang cuma-cuma dari Jepang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah Indonesia juga mempelajari program makan siang gratis dari Jepang.

"Indonesia terbuka untuk belajar dari negara-negara nan sudah menyelenggarakan makan siang cuma-cuma alias nan saat ini sudah diubah namanya oleh presiden terpilih menjadi program makan bergizi, termasuk dari Jepang," kata Airlangga saat ditemui dalam Nikkei Forum 29th Future of Asia, Tokyo, Jumat (24/5), dikutip dari Antara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, Jepang sudah berilmu menerapkan program tersebut sejak akhir Perang Dunia II. Saat  Saat ini polusi udara juga menggang tengah mempelajari, melakukan studi banding dengan China mengenai program serupa.

"Saya rasa banyak negara nan sudah menerapkan program tersebut di mana Indonesia kudu belajar gimana langkah mengimplementasikan itu, terutama oleh pemerintahan selanjutnya," katanya.

Program makan siang cuma-cuma digagas oleh presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan menjadi program utama nan digaungkan semasa kampanye.

Makan siang cuma-cuma nan termasuk ke dalam program anyar dan prioritas itu ditaksir memerlukan anggaran hingga Rp400 triliun. Kategori penerima makan siang gratis, di antaranya anak sekolahs, balita dan wanita hamil.

Seorang siswa telat lantaran tertinggal KRL."

Pemerintah Jepang sudah sekitar 70 tahun menerapkan program makan siang cuma-cuma bagi pelajar.

Awalnya, program tersebut diperuntukkan bagi siswa-siswi nan kurang bisa dan pada akhirnya pemerintah Jepang mengeluarkan undang-undang di 1954 nan mewajibkan siswa sekolah dasar dan menengah mendapatkan makan siang cuma-cuma di sekolah.

Menu makan siang cuma-cuma di Jepang dibuat dan diawasi secara ketat baik itu jenis makanan, kandungan gizi hingga kalori nan disesuaikan dengan kebutuhan anak sesuai usianya.

Di setiap sekolah, terutama sejak sekolah dasar, para siswa juga bergantian untuk menjadi petugas nan membagikan makan siang kepada teman-temannya.

(Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com