Doa Dzikir yang Biasa Diamalkan Rasulullah Saat Umroh

Padang Dakwah –  Selama umroh banyak ibadah rukun dan sunnah yang dijalankan masing-masing di antaranya ada doa dan dzikir khusus yang biasa diamalkan Rasulullah. Di antara rukun ibadah umroh adalah thawaf, sa’i, tahalul dan sunnahnya minum air zamzam.

Mengutip buku  Fiqih Umroh  karangan Muhammad Ajib Lc, MA memuat doa ketika thawaf. Pada setiap awal putaran pertama thawaf sampai dengan ketujuh berdiri menghadap Hajar Aswad dengan seluruh badan atau miring sebagian badan atau menghadapkan muka saja sambil mengangkat tangan dan membaca.

“Bismilahi Allahakbar yang artinya. Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.”

Ketika membaca lafaz itu kita harus mengecap tangan kanan, lalu mulai bergerak dengan posisi Ka’bah di sebelah kiri. Sepanjang thawaf, membaca doa saat berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad.

Doa saat thawaf yang selalu dibaca oleh Rasulullah SAW adalah doa sapu jagad, yaitu: RABBANA ATINA FIDDUNYA HASANATAN WA FIL AKHIRATI HASANATA WA QINA ‘ADZABANAR

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

 

Doa Dzikir yang Biasa Diamalkan Rasulullah Saat Umroh

Doa Setelah thawaf Setelah selesai tujuj kali putaran bergeser sedikit ke kanan dari arah sudut Hajar Aswad menghadap bagian dinding Ka’bah yang disebut Multazam, dan berdo’a sesuai harapannya/keinginannya dengan bahasa apapun.

1. Doa Ketika Minum Air Zam-zam Do’a

yang diajarkan Nabi sebagai berikut yang diterjemaahkan.

“Ya Allah aku memohon ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizqi yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih.”

2. Doa Ketika Mulai Sa’i yang terjemaahnya.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku memulai dengan apa yang telah dimulai oleh Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Shafa dan Marwah sebagian dari syiar-syiar (tanda kebesaran) Allah. Maka barang siapa yang beribadah haji ke Baitullah ataupun berumroh, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu hal dengan rela hati, maka sesungguhnya Allah Maha Penerima Kebaikan lagi Maha Mengetahui.

3. Doa Ketika Selesai Sa’i

Ya Allah Ya Tuhan Kami, terimalah amalan kami, berilah perlindungan kepada kami, ma’afkanlah kesalahan kami dan berilah pertolongan kepada kami untuk taat dan bersyukur kepada-Mu. Janganlah Engkau jadikan kami bergantung selain kepada-Mu. Matikanlah kami dalam iman dan Islam secara sempurna dalam keridhaan-Mu. Ya Allah rahmatilah kami sehingga mampu meninggalkan segala kejahatan tidak melakukan hal yang berguna. Karuniakanlah kepada kami sikap menghargai yang baik terhadap apa-apa yang membuat-Mu Ridha terhadap kami. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.

Doa Dzikir yang Biasa Diamalkan Rasulullah Saat Umroh

 

4. Doa Ketika Mencukur Rambut 

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepada kita dan segala puji Bagi Allah tentang apakepada kami. apa yang tel Ya Allah ini ubunah Allah karuniakan ubunku, maka terimalah dariku (amal perbuatanku) dan ampunilah dosa Ya Allah ampunilah orang-dosaku orang yang mencukur dan memendekkan rambut wahai Tuhan yang Maha Luas ampun anNya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *