Sejarah Asal Usul Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan Melimpah Ruah

Padang dakwah – Pada suatu hari, kekuasaan dan kekayaan yang dimiliki Nabi Sulaiman AS membuatnya lalai. Kisah tersebut kemudian diabadikan dalam surah Sad ayat 31-35 yang menyebutkan, Nabi Sulaiman terlena dengan pesona kuda-kuda yang dimilikinya hingga lalai untuk berzikir di waktu Ashar.

“Ketika dipertunjukkan kepada (Nabi Sulaiman) sore hari antara waktu Ashar dan Maghrib, sebagian kekayaannya yaitu, kuda-kuda yang indah, jinak, dan memesona ketika berhenti sambil mengangkat salah satu kakinya dan cepat waktu berlari,” tulis Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Lubab Jilid 3.

“Sedemikian memesonanya (kuda tersebut) sehingga Nabi Sulaiman AS lupa berzikir atau salat Ashar,” tambah Quraish Shihab.

Nabi Sulaiman AS pun kemudian diberikan ujian oleh Allah SWT berupa sakit keras yang menghilangkan kekuatannya. Allah SWT berfirman dalam surah Sad ayat 34 yang berbunyi,

وَلَقَدْ فَتَنَّا سُلَيْمَانَ وَأَلْقَيْنَا عَلَىٰ كُرْسِيِّهِ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ

Artinya: “Sungguh, Kami benar-benar telah menguji Sulaiman dan Kami menggeletakkan(-nya) di atas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian dia bertobat,”

Nabi Sulaiman pun memanjatkan doa pada Allah SWT yang kemudian dikenal sebagai doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah. Doa Nabi Sulaiman tersebut ditafsirkan Quraish Shihab sebagai bentuk kekhawatiran Nabi Sulaiman kepada umat setelahnya. Beliau khawatir umatnya akan jauh lebih lalai bila dianugerahi kekayaan seperti yang diterimanya.

Sebab itulah, doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah tersebut adalah bentuk mukjizat dari Allah SWT dan bukan merupakan doa yang dapat ditiru oleh orang lain. Hal ini disampaikan oleh Dewan Pembina Konsultasi Syariah Ustaz Ammi Nur Baits.

“Sehingga orang lain tidak boleh menjadikannya sebagai doa, baik tujuannya untuk mendapatkan kekuasaan atau memperlancar rezeki atau tujuan lainnya,” kata Ustaz Ammi Nur Baits.

Sekian terima kasih!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *