Kisah Wali Songo Sunan Kudus (Jafar Shadiq)

Padang Dakwah – Sunan Kudus (Jafar Sadiq) diberi gelar oleh para wali dengan nama Wali Al-ilmi yang mempunyai arti orang yang berilmu luas. Sunan Kudus memiliki keahlian khusus dalam bidang agama. Beliau juga dipercaya untuk mengatur pemerintahan di daerah Kudus. Sunan Kudus merupakan salah satu Wali Songo penyebar agama Islam di Jawa, khususnya wilayah Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan beliau adalah panglima serta pemimpin peperangan menggantikan ayahnya.

Sunan Kudus ialah putra dari Raden Usman Haji yang bergelar Sunan Ngudung di Jipang Panolan, dekat Blora. Selain belajar agama kepada ayahnya, Sunan Kudus juga belajar kepada beberapa ulama terkenal, seperti Kiai Telingsing, Ki Ageng Ngerang dan Sunan Ampel.

Setelah menimba ilmu agama dari Kyai Telingsing, Sunan Kudus mewarisi ketekunan dan kedisiplinan dalam mengejar atau meraih cita-cita. Selanjutnya, Sunan Kudus juga menimba ilmu kepada Sunan Ampel di Surabaya selama beberapa tahun lamanya.

Perjuangan Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam sebenarnya tak} jauh berbeda dengan para wali lainnya. Beliau senantiasa menempuh jalan kebijaksanaan. Dengan siasat dan strategi itu, masyarakat dapat diajak memeluk agama Islam.

Ketika itu, masyarakat di Kudus masih banyak yang belum beriman. Tentu saja bukan pekerjaan yang mudah untuk mengajak mereka memeluk agama. Apalagi mereka yang masih memeluk kepercayaan lama dan memegang teguh adat-istiadat yang jumlahnya tidak sedikit. Di dalam masyarakat dengan keadaan seperti itulah Sunan Kudus harus berjuang menegakkan agama islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.