Pelajari 5 ciri tanaman padi yang siap panen

Pertanian, Padangbulan.co.id – Padi dalam bahasa latin dikenal sebagai Oryza sativa L dan merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam kehidupan manusia. Untuk dapat mengidentifikasinya, sangat mudah untuk mengetahui ciri-ciri tanaman padi.

Dalam kehidupan manusia, beras merupakan sumber makanan penting bagi produsen beras. Tak heran jika tanaman budidaya ini menjadi ladang komersial bagi setiap petani Indonesia.

Read More

Sebagaimana disampaikan oleh Ir. Muazin Bakhrun salah satu pakar pertanian yang ada di Kabupaten Jombang, mengatakan perlu kiranya mengetahui ciri-ciri tanaman padi siap panen

Meski padi ini bukan tumbuhan asli Indonesia, namun beras merupakan makanan pokok beberapa wilayah di tanah air dan mudah, sukses dalam pembudidayaannya. Padahal, beras di Indonesia sendiri memiliki banyak ragam.

Setiap tahap pertumbuhan padi selalu memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini akan memudahkan petani untuk memberikan perlakuan dan perawatan yang tepat sesuai dengan pertumbuhannya.

Selain itu, beras siap panen juga memiliki sifat khusus. Penasaran ingin tahu ciri-ciri padi siap panen? Di sini, mari kita lihat selengkapnya.

1. padi mulai menguning

Salah satu ciri beras siap panen kami adalah warnanya yang mulai menguning. Hingga 95 persen bulir dan daun padi mulai menguning.

Hal ini sangat jelas perbedaannya dengan tanaman padi yang masih muda. Pada dasarnya, tanaman padi yang tetap mudah tumbuh adalah hijau.

2. Daun menguning dan coklat

Tidak hanya warna butiran beras yang berubah. Warna daun padi juga akan menunjukkan perubahan dengan berubahnya warna menjadi kuning kecokelatan.

Perubahan warna daun padi merupakan tanda bahwa padi sudah siap panen. Selain itu, ini juga menandakan apakah beras tersebut sudah tua.

3. Butir Padi yang Keras dan Berisi

Ciri-ciri tanaman padi selanjutnya adalah bulirnya mulai mengeras dan berisi. Untuk mengetahuinya, kita bisa mencoba menekan butiran beras.

Jika sudah terasa keras dan berisi beras, maka padi sudah siap untuk kita panen. Ketika butiran padi kecil, ketika kita menekannya, butiran beras akan mudah hancur.

4. Tanaman Padi yang Semakin Merunduk

Padi adalah tanaman yang penuh filosofi. Seperti kata pepatah, semakin tua padi, semakin rendah hati .

Jika tanaman padi menunjukkan ciri-ciri tersebut, maka tanaman padi sudah siap panen. padi yang terkulai ini menandakan bahwa bulir-bulir beras mulai berat karena sudah penuh.

5. Adanya gangguan hama burung

Saat tanaman padi siap panen, kekhawatiran terbesar petani adalah munculnya hama burung. Setiap hari semakin banyak hama burung akan datang.

Hal ini dikarenakan bulir padi yang mulai ada kandungan merupakan sumber makanan bagi hama burung tersebut. Tak jarang, untuk melindungi tanaman padi dari serangan hama burung, petani memberikan penanggulangan dengan menggunakan jebakan, dll.

Ciri-ciri tanaman padi siap panen bisa disimak di atas bersama-sama. Panen padi yang tepat waktu dapat mempertahankan hasil yang maksimal. Jadi, jangan tunda memanen padi. (why)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.