Cara Menanam Kakao, Mendukung Perekonomian Masyarakat

Ekonomi, Padangbulan.co.id Kakao merupakan tanaman yang harus ditanam karena nilai jualnya yang tinggi. Pemerintah juga mengintensifkan pengembangan budidaya kakao di Kabupaten Jombang. Tujuannya tak lain untuk mendorong laju perekonomian masyarakat Jombang. Cara menanam kakao sebenarnya tidak terlalu sulit.

Pohon kakao nantinya akan menghasilkan buah dan biji. Nah, bijinya nantinya akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan coklat. Di Jombanng sudah banyak yang menanam pohon kakao, terutama di wilayah Wonosalam. Bahkan ada industri kecil cokelat di sini.

Read More

Petani kakao di Kabupaten Jombang juga memiliki semangat yang besar untuk mengembangkan hasil produksi kakao. Pengolahan buah kakao didukung oleh kelompok tani setempat.

Cara menanam kakao yang benar

Kakao merupakan komoditas potensial dengan nilai ekonomi tinggi yang permintaan pasarnya terus meningkat. Produksi biji kakao di Indonesia terus meningkat secara signifikan. Hal ini menjadi peluang bagi masyarakat untuk membudidayakan tanaman ini. Cara menanam kakao juga tidak sulit.

Siapkan tanah

Tanaman kakao dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian maksimum hingga 1200 mdpl.

Tanaman kakao juga membutuhkan curah hujan pada kisaran 1100 hingga 3000 mm/tahun. Suhu ideal untuk tanaman kakao adalah 30 hingga 32 derajat Celcius. Kemudian, untuk mendapatkan pH terbaik untuk tanaman kakao, kisarannya adalah 6 hingga 7,5.

Pohon peneduh juga dibutuhkan untuk tanaman kakao. Namun, dianjurkan menanam pohon pelindung setahun sebelum menanam tanaman kakao.

Pembibitan

Metode yang paling penting dalam budidaya kakao adalah pembibitan. Bibit dapat diperoleh melalui okulasi, stek atau biji.

Untuk jarak tanam 2,5 x 2,5 m, dibutuhkan sekitar 1.600 hingga 1.650 bibit. Kemudian untuk jarak tanam 3 x 3 m dibutuhkan 1000 sampai 1100 batang.

Umur biji kakao siap tanam umumnya 5 bulan.

Pemeliharaan

Untuk masalah konservasi tanaman kakao perlu dilakukan pemeliharaan yang meliputi pemangkasan, penyiangan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit.

Pemupukan

Anda bisa memupuk tanaman kakao dengan pupuk urea TSP dan KCl. Dosis pemupukan juga akan disesuaikan dengan umur tanaman.

Pemupukan pertama saat kakao berkecambah dilakukan saat tanaman berumur dua bulan setelah tanam.

Pengendalian hama dan penyakit

Perlu Anda ketahui, jika tanaman kakao merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat rentan terhadap hama dan penyakit. Untuk itu diperlukan keterampilan dan pengetahuan yang lebih dalam untuk mengelolanya.

Panen

Nah, ketika sudah berbuah, tunggu sampai buahnya siap panen. Biasanya panen dilakukan saat buah berumur 5 sampai 6 bulan setelah bunga muncul. Buah kakao biasanya berwarna kuning.

Dengan cara menanam kakao ini, hasil buah kakao bisa lebih melimpah. Dengan demikian, perekonomian masyarakat semakin maju. (why)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.