Cara menanam bunga matahari dari biji hingga tumbuh

Tanaman, Padangbulan.co.id – Bunga matahari merupakan salah satu bunga hias yang sangat indah dan disukai oleh para pecinta tanaman hias. Bunga besar dan berwarna kuning ini terlihat sangat memukau bagi yang melihatnya. Selain itu, cara menanam bunga matahari juga tidak sulit. Karena Anda bisa menaburnya dengan biji.

Bunga matahari juga termasuk jenis bunga yang mudah bertahan dalam berbagai kondisi. Selama tanaman tidak tergenang air atau terlalu panas. Jadi, kuncinya adalah memiliki media tanam yang baik dan bibit yang baik. Setelah itu, perawatan akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan bunga ini.

Read More

Cara menanam bunga matahari dari biji

Jika Anda ingin menanam bunga matahari dari biji, hal yang harus Anda perhatikan adalah memilih benih yang baik. Dengan benih berkualitas tinggi yang dipilih, bunga akan mudah tumbuh. Ingin tahu cara menanam? Simak ulasannya!

uji viabilitas biji bunga matahari

Sebelum menabur benih, Anda harus terlebih dahulu menguji viabilitas benih tersebut. Caranya sangat mudah, cukup rendam benih dalam air selama 5 hingga 10 menit. Saat benih mengapung, ini pertanda benih tidak berkualitas dan tidak bisa tumbuh. Jadi pilihlah biji yang tidak mengapung saat direndam.

Siapkan tanah

Cara menanam bunga matahari dari biji selanjutnya adalah dengan menyiapkan tanahnya. Jangan lupa untuk memperhatikan sinar matahari agar bunga matahari tumbuh dengan baik.

Kondisi iklim seperti musim panas yang panjang dan panas yang ideal dapat membuat bunga matahari tumbuh lebih cepat. Jangan lupa untuk menanamnya di empat yang kuat, seperti tepi pagar atau di samping pagar tembok. Pastikan tanah yang digunakan sebagai tanah mendapat aliran air yang baik.

Selanjutnya, gali lubang sedalam 2,5 cm. Lubang dapat dibuat satu sama lain dengan jarak 45 cm. Ini karena bunga matahari membutuhkan banyak ruang untuk tumbuh dengan sehat.

Setelah menggali lubang, segera masukkan beberapa benih di setiap lubang dan tutupi dengan tanah. Tunggu hingga kuncup dan daun muncul.

pemupukan

Cara menanam bunga matahari selanjutnya adalah jangan lupa memberi sedikit pupuk setelah menanam benih. Karena hal ini akan menentukan kesuburan tanaman bunga matahari.

Umumnya, bunga matahari mekar di pertengahan hingga akhir musim panas. Bisa dari 2 dan 3 bulan setelah periode transplantasi

Setelah tanaman bunga matahari tumbuh cukup tinggi, jangan lupa untuk menutupinya dengan jerami. Tujuannya tidak lain untuk mempertahankan kelembapan dan mencegah tumbuhnya gulma yang dapat mengganggu kesuburan dan keindahan tanaman bunga ini. Juga, jangan lupa untuk melindungi tanaman dari penyakit tanaman yang mengganggu.

Sangat mudah untuk menerapkan cara menanam bunga matahari dari biji. Anda bisa menanamnya di tanah atau menanamnya di pot dan tas poliester.

(why)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.