5 jenis iklan di youtube yang harus kamu ketahui dulu!

Teknologi, Padangbulan.co.id – Ingin beriklan di YouTube, tetapi tidak tahu apa itu? Sebaiknya Anda lihat dulu jenis-jenis iklan YouTube di bawah ini!

Buat yang sering nonton youtube pasti suka nonton iklan di video kan?

Read More

Nah, menempatkan iklan di YouTube sering dijadikan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Hal ini benar karena YouTube adalah salah satu platform dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.

Pada tahun 2022, media sosial menyentuh jumlah ratusan juta pengguna.

Dengan banyaknya YouTuber, tentunya para pengusaha memanfaatkan angka ini untuk mempromosikan bisnis YouTube mereka melalui iklan YouTube.

Memang, apa itu iklan YouTube?

Iklan YouTube adalah layanan iklan berbayar yang dapat digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui YouTube.

Meski berbayar, tarif iklannya sangat murah lho. Pasalnya, pembayaran hanya akan dilakukan jika penonton menonton iklan tersebut sampai habis.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk memasang iklan di YouTube, kenali dulu jenis-jenis iklan YouTube berikut ini!

5 jenis iklan YouTube

1. Iklan In-Stream yang Dapat Dilewati

Jenis pertama dari iklan YouTube adalah iklan in-stream yang dapat dilewati.

Pengiklan sering menggunakan iklan ini di YouTube, lho.

Video yang ditampilkan dalam iklan in-stream yang dapat dilewati harus berdurasi minimal 12 detik. Pada detik kelima akan muncul tombol skip dan penonton dapat melewati iklan tersebut.

Namun, bagaimana jika penonton melewatkan iklan tersebut?

Tenang saja, artinya Anda tidak perlu membayar per klik (PPC). Dengan kata lain, Anda tidak akan rugi apa-apa.

2. Iklan yang tidak dapat dilewati

Jenis iklan YouTube yang kedua adalah iklan yang tidak dapat dilewati.

Video iklan ini tidak dapat dilewati oleh pemirsa dan biasanya berdurasi 15 detik atau kurang.

Itu akan muncul sebelum, di tengah atau setelah video. Periode yang lebih lama sebenarnya lebih baik, karena memungkinkan Anda mengirimkan pesan yang panjang.

3. Discovery Ads

Jenis iklan YouTube selanjutnya adalah Discovery Ads.

Jenis iklan ini akan ditampilkan di halaman pencarian, halaman beranda YouTube, dan halaman video relevan yang ditonton penonton.

Jadi, pastikan posisi iklan Anda berada di atas agar paling efektif.

4. Iklan bumper

Jenis iklan YouTube terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah iklan bumper.

Iklan bumper berdurasi 6 detik atau kurang dan muncul sebelum, di tengah, atau setelah video organik. Pemirsa tidak dapat melewatkan video.

Karena durasinya yang singkat, disarankan untuk memasukkan aspek musik dan visual yang kuat ke dalam video.

Tidak hanya itu, Anda juga harus membatasi satu pesan utama dalam konten video.

Pasalnya, jenis iklan ini sangat baik digunakan sebagai sarana brand awareness atau untuk iklan video Anda selanjutnya.

Oleh karena itu, jika Anda memasukkan terlalu banyak pesan, audiens mungkin akan bingung dengan tujuan iklan tersebut.

Nah, itulah beberapa jenis iklan YouTube yang bisa Anda gunakan jika Anda memutuskan untuk beriklan di YouTube. Semoga berhasil !

(why)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.