Heboh Warga Temukan Benda Purbakala di Sekitar Situs Sumberbeji Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id – Sejumlah benda purbakala ditemukan warga di Dusun Padar, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Instansi terkait menindaklanjuti temuan tersebut dengan BPCB Jawa Timur.

Benda-benda purbakala yang ditemukan di areal pemakaman umum ketika para penggali kubur menggali tanah, yakni ada dua buah celupak , satu mangkok, satu guci, dan satu buah benda yang masih belum diketahui sepenuhnya.

Read More

Kepala Dinas Kebudayaan Disdikbud Jombang, Dian Yunita Sari dan timnya mengatakan akan berkoordinasi dengan BPCB Jatim untuk mengetahui asal usul benda-benda kuno tersebut.

“Benar, kami menindaklanjuti laporan terkait penemuan benda kuno. Pak Tartib ini yang menemukan, saat menggali makam dengan kedalaman sekitar satu meter-an. Ada 5 benda yang ditemukan, diduga cagar budaya” katanya, Kamis (21/7/2022).

“Langkah kami setelah ini, akan mengumpulkan data-datanya lalu kami berikan ke BPCB Jatim nanti. Kedepannya, akan kami tindaklanjuti bersama petugas dari BPCB Jatim,” sambungnya.

Karena lokasi penemuannya tidak jauh dari Sumberbeji, diduga benda purbakala yang ditemukan masih berkaitan dari segi penggunaan dan usia.

“Iya memang, jarak dengan Sumberbeji, sekitar 300 meteran. Kalau soal sudah ada sejak abad berapa dan lain sebagainya, kami belum bisa memastikan. Maka dari itu, segera mungkin akan kami tindaklanjuti kembali bersama BPCB Jatim,” ujarnya.

Sembari mengumpulkan data dan informasi tentang benda purbakala yang ditemukan oleh penggali kubur ini, Dian berharap agar hasilnya tidak beralih tangan.

“Yang penting kami harap barang ini disimpan dengan baik dan aman. Juga jangan sampai beralih tangan. Karena kedepannya, akan kami tindaklanjuti lagi,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.