Proyek Kerja Ilmiah Siswa Bukan Penentu Kelulusan Peserta Didik Kurikulum Merdeka

Pendidikan, Padangbulan.co.id – Anindito Aditomo, Direktur Badan Standar dan Evaluasi Kurikulum Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), mengatakan proyek sains bukan syarat kelulusan dalam program kemandirian.

“Proyek sains bukan syarat kelulusan. Terserah sekolah menilai bagaimana kelulusannya,” kata Anindito di Jakarta, Selasa (7 Juli 2022).

Read More

Dalam Peraturan Kurikulum Mandiri terbaru disebutkan bahwa penilaian merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, sarana pembelajaran dan memberikan informasi holistik berupa umpan balik kepada siswa dan Orang Tua.

Sekolah bebas menentukan metode penilaian yang tepat bagi siswa. Ia menambahkan, dalam program mandiri, mahasiswa menjadi fokus dan penilaian utama.

“Siswa harus menjadi pusat pembelajaran dan penilaian. Upaya melibatkan siswa dalam pembelajaran aktif, jelasnya, akan memudahkan upaya mewujudkan tujuan pendidikan, yaitu pengembangan karakter dan keterampilan siswa”.

Dijelaskannya, Kemendikbudristek-lah yang menyusun pedoman pembelajaran dan penilaian (PPA). Pedoman tersebut mencakup prinsip, strategi, dan contoh yang dapat memandu guru dan satuan pembelajaran dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan penilaian.

“Dalam pengajaran, pembelajaran dan penilaian adalah siklus di mana penilaian yang memberikan informasi tentang pembelajaran dirancang, dan kemudian digunakan untuk menguji keefektifan pembelajaran yang sedang berlangsung.” Lebih lanjut dia menjelaskan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.