Hasil Kelulusan PPPK Guru 2022 Nantinya akan Ditentukan Pemda untuk Pelamar Prioritas II dan III?

PPPK 2022, Padangbulan.co.id – Pemerintah daerah berperan besar dalam menentukan Kelulusan Guru PPPK 2022 bagi pelamar prioritas. Peran utama pemerintah daerah dalam menentukan kelulusan Program PPPK 2022 bagi Pelamar Prioritas II dan III diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan Diklat di Instansi Daerah.

Pasal 14 Ayat (3) menyebutkan bahwa Panitia Seleksi Instansi Daerah melakukan seleksi administrasi berkas lamaran dan dokumen persyaratan lainnya sebagaimana tercantum dalam Pengumuman lowongan PPPK.

Read More

Panitia Seleksi Instansi Daerah mengumumkan hasil seleksi administrasi dan mengikuti proses seleksi kompetensi bersama Panselnas. Panitia Seleksi Badan Daerah menyampaikan hasil seleksi kompetensi dan wawancara kepada Panitia Guru Jabatan (JF) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Panitia wilayah juga berwenang mengumumkan hasil akhir seleksi kompetensi dan wawancara. Pasal 39 menyebutkan bahwa hasil seleksi guru PPPK 2022 dari pelamar Prioritas I dan pelamar umum menjadi tanggung jawab Panitia Seleksi Kemendikbudristek.

Pemohon prioritas pertama adalah THK-II, guru non-ASN, alumni PPG, dan pendidik khusus yang telah memenuhi nilai ambang batas dalam menyeleksi PPPK 2021. Sedangkan untuk menyeleksi pendaftar prioritas kedua dan ketiga, panitia seleksi daerah memiliki peran penting. Pelamar prioritas kedua adalah Guru Kehormatan Kelas 2 atau THK-II.

Sementara itu, prioritas ketiga adalah guru non-ASN di sekolah umum yang terdaftar dalam Data Pendidikan Dasar (Dapodik) dan memiliki masa kerja minimal 3 tahun. Komite Regional memilih kompetensi pelamar kelas dua dan tiga dengan mencocokkan atau memeriksa kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja dan pemeriksaan latar belakang.

Hasil seleksi kemudian diserahkan oleh Panitia Daerah kepada Panitia Kemendikbudristek untuk verifikasi dan validasi. Selanjutnya Panitia Kemendikbudristek menyampaikan hasil seleksi kepada BKN untuk diproses hasil seleksi. Kemudian, hasil seleksi pelamar prioritas kedua dan ketiga diumumkan oleh Panitia Daerah dan Panitia Kemendikbudristek berdasarkan pengolahan hasil seleksi BKN.

McD

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.