Berikut Rincian Formasi di Pusat dan Daerah Pada Setiap Bidang pada PPPK dan CPNS 2022

PPPK 2022.  Padangbulan.co.id – Terkait pemilihan PPPK dan CPNS 2022, pemerintah telah memberikan gambaran tentang formasi yang akan dibuka. Tahun ini, PPPK dan CPNS akan membuka lebih dari satu juta formasi.

Informasi pembentukan PPPK dan CPNS disampaikan Mahfud MD selaku Menteri Sementara Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB). PPPK dan CPNS tahun ini memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh warga negara yang memenuhi persyaratan.

Read More

Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2022 akan dibuka, rincian formasi jabatan tersedia 1 juta orang, Mahfud MD mengatakan, seleksi PPPK dan CPNS tahun ini akan dilanjutkan atas dasar praktik yang kompetitif, adil, objektif, transparan, bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme , gratis.

Mahfouz mengungkapkan kepastian pembukaan pendaftaran dan seleksi CASN, CPNS dan PPPK pada 2022 sesuai dengan kebijakan dan prinsip tersebut dalam rapat kerja dengan Komite Kedua Republik Demokratik Kongo pada Selasa 28 Juni 2022.

“Penerimaan PNS dan PPPK dilaksanakan melalui penilaian secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi, kebutuhan instansi Pemerintah, dan persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan,” ucapnya.

Mahfouz melanjutkan, pengadaan pilihan CASN dengan prinsip ini dilaksanakan agar ASN memiliki ciri pribadi sebagai penyelenggara pelayanan publik dan mampu berperan sebagai perekat negara kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian memiliki kecerdasan yang tinggi untuk pengembangan kapasitas dan kinerja organisasi, serta memiliki keterampilan, pengalaman dan perilaku sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

“Dengan tujuan dan prinsip-prinsip tersebut, diharapkan kualitas dan kuantitas ASN bisa menjadi lebih terukur dan terstandar di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Papua dan daerah otonomi baru,” ungkapnya.

Oleh karena itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN beserta Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Kepengurusan Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Pengelolaan PPK, masing-masing lembaga mengajukan proposal kebutuhan ASN kepada Menteri PAN RB. Kepala BKN memiliki pendapat Menteri Keuangan, serta pertimbangan teknis BKN.

“Dalam hal ini, KemenPAN RB juga mempersiapkan peraturan pelaksanaannya melalui Peraturan MenPan RB Nomor 20, 27, 28, dan 29 Tahun 2021 untuk Pengadaan Calon ASN dalam sekolah kedinasan,” tuturnya.

“Serta terakhir ada peraturan Menpan RB nomor 20 tahun 2022 untuk Pengadaan PPPK Guru tahun 2022,” imbuhnya.

Mahfud lanjut menjelaskan bahwa proses pendaftaran dan seleksi untuk pengadaan CASN tahun 2022 ini difokuskan pada PPPK dengan formasi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga lainnya.

“Pengadaan Calon ASN ini diputuskan dengan mempertimbangkan tenaga honorer atau non-ASN yang memenuhi syarat penyederhanaan birokrasi dan kebutuhan ASN yang diusulkan oleh instansi pusat dan daerah, dengan memperhatikan kemampuan pembayaran gaji dan tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” bebernya.

Adapun total formasi jabatan yang akan dibuka dalam rencana pengadaan CPNS tahun 2022 adalah untuk 1.086.128 orang.

Dari angka tersebut, Mahfud memaparkan lebih rinci formasi PPPK yang diperlukan Pemerintah di tingkat Pusat sebanyak 93.554 orang, yakni:

Guru: 45.000.
Dosen (Kemdikbud/Kemenag): 20.000.
Dokter/Tenaga Kesehatan (Kemenkes): 3.000.
Jabatan teknis lainnya: 25.554.

Sedangkan untuk formasi PPPK di tingkat daerah, Pemerintah membukanya untuk 942.257 orang dengan rincian:

Guru: 758.018.
Fungsional selain Guru: 184.239.
Sementara untuk CPNS 2022, Pemerintah hanya akan membuka formasi khusus lulusan sekolah kedinasan sebanyak 8.941 orang.

Kemudian untuk CPNS dan PPPK di wilayah Papua dan Papua Barat sebanyak 41.376 orang.

McD

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.