Indahnya Pesona Alam Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id – Wonosalam adalah bagian dari kabupaten Jombang yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Salah satunya adalah keberadaan air terjun Tretes yang terletak di Dusun pPengajaran, Desa Galengdowo, Kabupaten Wonosalam. Meski jaraknya cukup jauh, air terjun Tretes yang disebut-sebut tertinggi di Jawa Timur ini tak pernah sepi dari wisatawan. Terutama di akhir pekan. Puluhan bahkan ratusan wisatawan asal Jombang dan Kediri memadati lokasi ini.

Untuk mencapai tempat wisata ini, pengunjung dapat menuju desa Galengdowo, kecamatan Wonosalam, sekitar 30 km dari pusat kota Jombang.

Read More

Setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung bisa merasakan serunya tantangan mendaki ke puncak air terjun. Dengan jarak tempuh sekitar 4 km.

Lokasi wisata ini sudah ada sejak lama. Namun baru dibuka untuk umum sejak tahun 2011. Air Terjun Pengajaran Tretes juga merupakan paket wisata edukasi di Galengdowo, antara lain wisata edukasi peternakan sapi perah.

“Dinamakan Air Terjun Tretes Pengajaran karena lokasinya berada di ujung Desa Galengdowo tepatnya Dusun Pengajaran. oleh karena itu, warga menyebut Air Terjun Tretes Pengajaran,’’ ujar Endon Siswoyo (40 Tahun) seorang pemandu wisata setempat.

Menurut penduduk setempat, air terjun Tretes konon merupakan tempat bertemunya dua pasangan, yaitu Pengan Barongkusumo dari Gunung Anjasmara dan Dewi Anjarwati dari Gunung Lawu. Bahkan, air terjun ini juga digunakan untuk mandi Mahapatih Gajah Mada.

adalah salah satu ikon wisata Jombang. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan akses jalan. Pada tahun 2018, jalan akses diperbaiki sebagai bagian dari program pelaksanaan Pembangunan Desa (TMMD) TNI Manunggal.

Untuk menikmati wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir Rs 11.000 saat memasuki lokasi. Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa ojek untuk mendaki gunung yang disediakan oleh penduduk setempat.

Harga ojek di pegunungan juga sangat terjangkau. Hanya Rp20.000. Dan pengunjung bisa menuju ke kantor pos Tahura. Jarak antara kolom Tahura dan lokasi air terjun sekitar 1,2 km dengan pintu masuk.

“Di Pos Tahura, pengunjung bisa bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Juga terdapat toilet, mushola, aula dan spot foto dengan pemandangan hutan dan sungai dengan air yang jernih” pungkas Siswoyo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.