Kisah Inspiratif Pengrajin Batik Khas Njombangan Hingga Sukses

Jombang, Padangbulan.co.id – Siapa sangka Kabupaten Jombang juga mempunyai ciri khas motif batik. Di rumah Pesona Batik Jombang yang terletak di Gang 2, Desa Jabon, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur berbagai batik lokal khas Njombangan diproduksi.

erkat tangan kreatif Nunuk Anang (56 tahun), piring batik khas Njombangan mampu menembus pasar nasional bahkan internasional.

Read More

Bukan tanpa alasan, kecintaan Nunuk terhadap warisan kemanusiaan budaya lisan dan immaterial yang didirikan oleh UNISCO sungguh luar biasa.

Nunuk, wanita paruh baya yang dulunya seorang dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Jombang ini memutuskan untuk pensiun dan fokus mengembangkan bisnis batiknya.

Dari keluarga memang seorang pengrajin batik, mulai dari nenek dulu. Hingga pada akhirnya saya juga jatuh cinta dengan batik dan berniat untuk mengembangkan. Mulai fokus dibatik sejak 2016 setelah berhenti menjadi dosen,” kata Nunuk Anang, Owner Pesona Batik Jombang kepada dikutip dari TIMES Indonesia, Kamis (16/6/2022).

Nunuk menerangkan, asal mula nama Pesona Batik Jombang diambil dari rumah galeri produksi bantiknya menonjolkan batik lokal khas Njombangan. Kini ada tiga batik khas njombangan yang sudah mempunyai hak cipta dari kementrian yaitu Pesona Jombang, Besutan, dan Rimbi Puromojo.

“Salah satu yang menjadi ciri khas dari batik kami yaitu setiap batik yang kami produksi pasti ada motif daun tebuireng dan dua njombangan. Itu yang tidak dimiliki oleh batik lainnya,” jelasnya.

Mulai dari batik cap, batik tulis, batik celup semua tersendia di rumah geleri miliknya. Harganya pun cukup bermacam-macam mulai dari harga 100 ribuan hingga mencapai jutaan rupiah.

“Untuk pemasaran selain kami juga membuka galeri secara offline juga online. Alhamdulillah, untuk produk sarung sekarang sudah ada diberbagai wisata yang ada di Jombang. Target kami memang biar menjadi oleh-oleh khas Jombang dan dinikmati oleh orang banyak,” tambahnya.

Kini, dirinya juga sudah memiliki puluhan karyawan untuk ikut melestarikan dan mengembangakan batik khas Njombangan tersebut. Bahkan adanya Pesona Batik Jombang juga berdampak positif bagi masyarakat sekitar sebab banyak dari ibu-ibu rumah tangga yang mau belajar membatik hingga menjadi home industri.

“Biasanya ibu-ibu ngerjainnya dirumah masing-masing, dan kami membuka latihan praktis secara gratis di sini” Pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.