Yuk, Cicipi Kopi Kesehatan Kaya Khasiat di KBD ( Kota Baru Driyorejo )

Gresik, Padangbulan.co.id – Di Driyorejo Gresik ada hidangan kopi plus jamu lengkap bernama “Kopi Jamu”. Selain enak dan murah, kuliner ini diyakini kaya khasiat.

Kopi jamu disajikan sejak pukul 9 pagi sampai jam 22.30 Wib di Jalan Raya Granit Nila Kota Baru Driyorejo, Kelurahan Petiken/Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Warung kopi ini tak pernah sepi pembeli karena terkenal dengan rasa menu dan khasiatnya.

Ada banyak menu kopi pilihan yang bisa dicoba seperti kopi murni, kopi jahe madu, kopi temu, serta kopi kesehatan ( komposisi kopi murni,susu ditambah madu telur ayam kampung jahe parut/serut).

Saya namakan kopi jamu karena bahanya ini kan biasa dipakai jamu orang-orang zaman dulu yaitu rempah jahe,temulawak, telor ayam kampung, “ujar  Mbah Woto, sapaan akrab Suwoto (63), pemilik warung kopi jamu kepada Padangbulan.co.id di lokasi, Rabu (16/12/2022).

Meski dibuat dari berbagai rempah, pengunjung tak perlu khawatir akan rasa pahit karena Mbah Woto mempunyai cara khusus untuk menghilangkan pahit/ getar/ amis dari rempah dan kuning telor. Bapak tiga anak ini menggunakan kopi Robusta segar yang didatangkan dari Wonosalam Kabupaten Jombang.

“Kopi Robusta dicuci bersih, kemudian digoreng sangan (digoreng dengan metode lama menggunakan nanangan pengganti wajan, sementara pengapianya memakai dapur dari api kayu) selama 30-40 menit dengan sendirinya rasa kopi akan mendominasi rasa ketimbang rempah lainya, “terangnya.

Pria kelahiran Solotigo Jateng ini menuturkan, menu kopi jamu di warungnya mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan. Warungnya tak pernah sepi pembeli. Mulai dari kaum muda hingga usia 40 tahun ke atas.

Selain dari wilayah Gresik, menurut Suwoto, pembeli datang dari wilayah sekitar seperti Mojokerto, Sidoarjo dan Jombang. Mereka biasa memesan lebih dulu melalui telepon agar tidak kehabisan.

Meski tergolong langka, harga menu minuman di warung kopi jamu “Mbah Woto” masih ramah di kantong. Untuk menikmati satu porsi kopi jamu mulai dari Rp 3000 sampai Rp 10.0000 satu gelas dengan rempah komplit.

Menu yang disajikan di warung kopi jamu Mbah Woto membuat para pelanggan ketagihan. Seperti yang dirasakan H. Tomo (54), asal Surabaya. Ia mengaku sudah 2 tahun menjadi pelanggan setia warung ini. Semua jenis kopi yang disajikan di warung ini ia gandrungi.

“Saya hampir setiap minggu bersama istri “ngopi” di sini untuk menjaga kesehatan.

Khasiatnya tubuh figh, makan enak,” jelas dia.

Sama halnya dengan Ning Budy (40), asal Jombang. Setidaknya dua kali dalam satu pekan ia mampir untuk ngopi di warung “Kopi Jamu Mbah Woto”.

Sama dengan H. Tomo, ia menyukai semua aneka kopi di warung ini dengan tambahan rempah atau madu jahe.

“Saya lebih suka ngopi di sini karena buat kesehatan lebih bagus, badan saya sehat, tidak pernah capek karena sering konsumsi pahit-pahitan rempah diseduh dengan kopi robusta,” pungkasnya.

Bk/ PBI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.