Bupati Jombang Buka Musrenbang RKPD 2023 Di Kecamatan Mojoagung

Jombang, Padangbulan.co.id -Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 di Kantor Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang .selasa 25/01/22

Musrenbang merupakan tahapan yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah dalam proses penyusunan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang ditujukan untuk menyampaikan program, kegiatan, dan sub kegiatan prioritas daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa, ada beberapa kebijakan pembangunan daerah untuk penyusunan perencanaan tahun 2023 mengalami beberapa penyempurnaan, antara lain kebijakan Program Jombang Berkadang dan kebijakan kegiatan prioritas kecamatan.

Kebijakan Program Jombang Berkadang tahun 2023 lebih terarah dan berbagi peran dengan sumber pendanaan lain (ADD, DD maupun Pendapatan Desa) yang difokuskan untuk pemberdayaan ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan sanitasi, pelestarian budaya, pengembangan pendidikan usia dini, peningkatan derajat kesehatan, peningkatan sarana prasarana ibadah dan peningkatan layanan publik melalui digitalisasi layanan sampai tingkat desa.

Selain itu, kebijakan kegiatan prioritas kecamatan Di tahun 2023 di anggarkan melalui program Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) di mana program tersebut difokuskan untuk infrastruktur yang mendukung pemulihan atau peningkatan perekonomian dengan tujuan mengurangi kesenjangan antar wilayah dengan memperhatikan indikator pembangunan di kecamatan yaitu luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah desa, keterjangkauan wilayah, jumlah penduduk miskin, status indeks desa membangun, dan kawasan strategis, tentunya mendasar dari indikator pembangunan tersebut jumlah besaran anggaran setiap kecamatan berbeda-beda.
“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras tanpa pamrih yang ditunjukkan oleh seluruh lapisan masyarakat dan perangkat daerah atas semua capaiannya. Kami menyadari, di samping keberhasilan dan kemajuan pembangunan, tentunya masih terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan. Kita yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan semua kendala dan kekurangan itu akan dapat diselesaikan dengan baik,” pungkas Bupati jombang

Bupati berharap melalui forum Musrenbang dapat menghasilkan masukan, usulan maupun saran-saran serta partisipasi masyarakat untuk mewujudkan proses perencanaan pembangunan yang lebih baik dan mewujudkan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Tahun 2023 ini merupakan tahun terakhir perubahan RPJMD Kabupaten Jombang tahun 2018-2023. Dalam Musrenbang tersebut juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama.

Komitmen bersama di tandatangani oleh oleh Forkopimcam, kelompok jabatan struktural, kelompok jabatan pelaksana, kelompok kepala desa.

Juga dilakukan Komitmen Kabupaten Jombang Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Akhir Tahun 2023 oleh Forkopimcam , Puskesmas, kepala desa, organisasi, instansi juga kelompok seperti Ketua TP PKK, Kotaku ( Kota Tanpa Kumuh) dan Rumah Desa Sehat (RDS).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.