Nikmatnya Soto Tangkar & Rica-Rica Menthok Khas Betawi Yang Berada Di Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id -Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata ‘tangkar’ berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi.
Soto Tangkar & Rica-Rica Menthok ini hadir di wilayah Jombang lebih tepatnya di desa Tampingmojo Rt 02 Rw 02,Tembelang,Jombang.

Soto Tangkar khas Betawi ini berkuah santan dan gurih mantap rasanya. Dipadukan dengan tomat dan suun rasanya makin enak, apalagi saat hangat.

Selain soto tangkar berkuah susu yang dikenal sebagai soto Betawi, juga punya rica-rica menthok. Meskipun sudah agak jarang ditemui, soto tangkar ini dulu sering dijajakan keliling dengan gerobak.
Tangkar atau iga sapi dimasak bersama santan hingga empuk lalu diberi bumbu rempah. Disajikan dengan potongan tomat, daun bawang dan taburan bawang merah goreng dan sambal rawit rebus.
Kini soto tangkar tak hanya dari daging iga sapi, bisa juga memakai daging sapi berlemak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.