Menghadapi Cuaca Ekstrem 2021, Kecamatan Sumobito Bentuk Posko Bencana Alam

Jombang, Padangbulan.co.id – Dalam persiapan menghadapi cuaca ekstrim tahun 2021. Camat Sumobito mempersiapkan penanganan bencana alam yang efektif dan efisien. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Camat Sumobito Kabupaten Jombang.

Dalam melakukan pelayanan yang baik dan profesional di lingkungan
Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Ia membentuk beberapa tim yang bertugas khusus dalam melakukan penanganan bencana alam demi terlaksananya aksi yang cepat dan tanggap.

berdasarkan pada UU Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 66, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4723). Sebagai Implementasi dari amanat tersebut dilaksanakan pembangunan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera yang senantiasa memperhatikan hak atas penghidupan dan perlindungan bagi setiap warga negaranya dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

Disisi lain, Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara antara pemerintah, Pemerintahan Daerah, Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. ditambah lagi, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Serta, Peraturan Bupati Jombang Nomor 18 Tahun 2011 Tentang Tugas Pokok Dan Fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jombang.

“Ya Jadi untuk dahulu itu kita fokus terhadap bencana covid-19 tapi sekarang ini dalam rangka antisipasi perubahan cuaca ekstrem tahun 2021 dan juga kita mengantisipasi covid 19 dengan tetap menjalin komunikasi dan antisipasi, di posko ini kita di rotasi stand by jaga untuk menjamin ketentraman dan kesehatan warga di lingkungan Kecamatan Sumobito dan kita tetap waspada varian baru covid19 dengan menggunakan masker” pungkas senior Pramuka Sumobito yang juga staf kecamatan menjadi teladan aparatur desa-desa di wilayah Sumobito.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.