Pembangunan SPAM Melalui Kegiatan Pamsimas Salurkan Air Bersih Untuk 700 Warga Mojokambang

Jombang, Padangbulan.co.id – Desa Mojokambang Kecamatan Bandarkedungmulyo merupakan salah satu desa rawan air di Kabupaten Jombang. Desa Mojokambang yang berbatasan dengan Desa Barongsawahan (Utara), Desa Dayu (Kab.Kediri) (Timur), Desa Karangpakis (Kab kediri) (Selatan) dan Desa Braan Kab kediri (Barat) terdiri dari 4 Dusun yaitu Kemendung, Mojotengah, Krembung dan Wonorejo.

Desa Mojokambang merupakan desa penerima progtram PAMSIMAS III yang berasal dari dana APBD Kabupaten Jombang. Desa Mojokambang  merencanakan pembangunan SPAM 100% karena masih ada sekitar 51 % warga Desa Mojokambang akses sarana air minumnya masih rendah karena kualitas air minum berwarna kekuningan dan  pada musim hujan air juga berbau.Untuk meningkatkan akses sarana  air minum di Dusun Mojokambang dibutuhkan  pembangunan baru sarana air minum pembangunan sumur air tanah dalam,reservoir  dan jaringan perpipaan (transmisi dan distribusi).

Pada tahun 2021 Desa Mojokambang telah mendapatkan bantuan langsung masyarakat ( BLM ) APBD melalui kegiatan PAMSIMAS III sebesar Rp 250.000.000,-, Dana incash sebesar Rp.14.300.000,-, Inkind Rp 57.431.200, Sharing APBDesa Rp 40.000.000. Total Biaya Sebesar Rp 355.000.000. Kegiatan air bersih ini dilaksanakan di dusun Krembung.

Dengan adanya bantuan PAMSIMAS III masyarakat diajak menggunakan meter air dalam menggunakan air bersih. Hasilnya khusus di dusun Krembung layanan airnya baik, tertata dan masyarakat yang paling jauh juga menikmati kualitas layanan yang optimal. Tidak ada lagi masyarakat terjauh kuantitas airnya kecil. Sampai dengan saat ini dusun Krembung sudah 54 SR, dan optimis nanti akan terus bertambah jumlah SR yang terpasang serta iuran menggunakan tarif progresif berdasarkan pemakaian air yang belum diterapkan. Pengalaman baik ini ingin ditiru kepada dusun yang lain dengan harapan kualiatas layanan menjadi lebih baik dan tertata.

Kegiatan Program PAMSIMAS III  tahun 2021 di Desa Mojokambang sudah selesai dilakukan dengan lancar dan baik adapun hasil pemanfaat sarana air minum dapat dillihat tabel di bawah ini dari sebelum ada program PAMSIMAS dan setelah program PAMSIMAS.

Dengan adanya system jaringan air bersih dari PAMSIMAS III yang telah terbangun tersebut diharapkan warga masyarakat desa Mojokambang khususnya di dusun Krembung dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin dan menjaga sistem jaringan air bersih tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga dapat membawa manfaat yang besar bagi segenap warga masyarakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.