Pentingnya Pendidikan Islam Bagi Anak Usia Dini

Padang Dakwa – Pendidikan Agama Islam adalah salah satu pendidikan yang sangat penting ditanamkan kepada peserta didik sejak anak usia dini. Alasannya adalah pendidikan ini merupakan awal dari pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh para peserta didik.

Usia dini merupakan usia yang paling penting, karena pada usia ini merupakan awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang membawa ke arah kehidupan selanjutnya. Pendidikan usia dini khususnya pendidikan agama islam akan memberikan dampak positif dan bekal bagi anak untuk menghadapi permasalahan kehidupan di dunia ini.

Proses pendidikan yang selama ini diselenggarakan di sekolah formal belum cukup hanya dengan meningkatkan dimensi kognitif dan psikomotorik saja, namun dimensi afektif seperti penanaman nilai keagamaan bagi peserta didik terutama pada usia emas antara 0-6 tahun menjadi kebutuhan yang fundamental karena fungsi dan tujuan pendidikan yang terpenting adalah nilai moral bukan kecerdasan.

Cara Pendidikan Agama Islam

Cara Bermain adalah cara yang paling baik untuk mengembangkan kemampuan anak didik. Sebelum bersekolah, bermain merupakan cara anak untuk menemukan lingkungan orang lain dan dirinya sendiri. Pada dasarnya, bermain mengandung rasa senang dan lebih mementingkan proses daripada hasil akhir.

Cara Cerita adalah metode pembelajaran yang menyenangkan disamping karena mengandung aspek hiburan, cerita juga menjadi metode pembelajaran yang tidak menggurui dan fleksibel, dimana anak dapat menjumpai suasana menggembirakan sebagaimana suasana bermain.

Cara Keteladanan ialah sistem penerimaan dengan teknik menunjukkan Keteladanan, cakap yang terjadi melewati penemuan hal pergaulan yang melekat antara perorangan sekolah, priterjual pembimbing serta stamina pembimbing lain yang merepresentasikan moral baik atau tidak selaku langsung melewati beberapa representatif kisah-kisah Keteladanan.

Cara Pembiasaan ialah sistem yang sanggup dilakoni buat belajar berasumsi, berlagak serta melakukan tindakan cocok dengan paksaan paham agama Islam. pembelajaran agama pada periode anak umur dini, sepatutnya dilakoni oleh orang lanjut usia, adalah dengan membiasakannya terhadap aksi laku serta moral yang diajarkan oleh agama. Mereka patut sanggup mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Pertunjukan ialah sistem menggembleng dengan teknik menunjukkan benda, peristiwa, ketentuan dan melaksanakan suatu tindakan, cakap selaku langsung atau melewati pemakaian sarana pengajaran yang relevan dengan utama telaahan maupun modul yang tengah dihidangkan.

Cara Tanya Jawab ialah sistem penyampaian pelajaran dengan jalur pembimbing mengajukan persoalan dan pelajar merespons, maupun sesuatu sistem dalam pembelajaran dimana pembimbing menanya tengah pelajar merespons materi maupun modul yang mau diperolehnya. seperti itu moga-moga berharga.

 

sumber : Duta