Dewi Khalifah Wabub Sumenep Lakukan Studi Banding Ke Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id -Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah, beserta rombongan melakukan Study Banding Pelaku Usaha Mikro Kecil di Jombang guna pengembangan produk UMKM dalam berkolaborasi di Ruang Swagata Pendopo Pemerintah kabupaten Jombang, Jum’at (12/11/2021).

Kedatangan Wabup Sumenep diterima langsung oleh Bupati Jombang didampingi Pj. Sekda, Asisten 2, Kepala OPD terkait, Kabag Perekonomian, Camat dan Asosiasi Pengusaha Kerajinan serta Pengusaha Makanan dan minuman.

Dewi Khalifah mengatakan, studi banding bersama rombongan, pihaknya siap sharing dan siap berkolaborasi dalam Peningkatan dan Pengembangan bagi Pelaku Usaha dalam rangka mengembangkan Produk UMKM Tahun 2021 ke Kabupaten Jombang.

“Dua tahun pertama ini, kami ingin fokus UKM bisa naik kelas, sehingga membuka peluang pasar baik itu lokal, regional nasional maupun internasional”, tuturnya mengawali sambutannya.

Berbagai produk dari kedua kabupaten dipajang pada pertemuan itu. Baik dari Sumenep yang rata-rata menyajikan produk potensi sumber daya pertanian dan hasil lautnya, seperti  teripang, ikan layang, lorjuk dan tengiri. Produk yang sudah merambah pasar ekspor. Karena dalam kemasannya sudah tercantum dalam 3 bahasa, ucapnya.

“Saya bersama rombongan ke kabupaten Jombang ini untuk belajar dalam rangka mengembangkan UMKM. Di Jombang saya lihat ada produk kripik tempe, pisang, samiler, jenang kelapa muda dan lainnya juga memiliki produk kerajinan. Intinya kami di sini ingin belajar terkait IKM,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Wakil Bupati Sumenep kalau dirinya siap bersinergi, berkolaborasi, bersama-sama saling sharing, membantu pemasaran. Sebab produk Sumenep sudah ada yang berjalan dengan lancar menembus pasar Dubai, katanya.

“Kami membawa beberapa sampel produk yang kemudian nanti bisa saling berkolaborasi. Mudah-mudahan silaturahmi ini akan terus berlanjut dan akan menjadi sebuah ikatan kerjasama yang saling menguntungkan terutama untuk para UKM kita,” harap Dewi Khalifah.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab juga menyampaikan produk UMKM yang ada Jombang. Diantaranya produk susu perah yang dihasilkan dari wilayah Wonosalam. Selain susu perah juga ada kopi dan durian.

Bupati Mundjidah akan melayani apa yang diinginkan Wakil Bupati Sumenep dan rombongan untuk belajar membuat dodol, ada pula yang dibuat atau diproduksi dari buah salak, dodol dari kelapa, dodol madu mongso dan masih banyak produk IKM lainnya, tuturnya.

Untuk kerajinan kita ada batik, dan juga manik-manik asli Gudo yang juga sudah merambah pasar ekspor. Kabupaten Jombang juga memiliki pabrik pakan ternak dari bahan baku jagung.

“Hasil produksi jagung tidak mengatasi untuk memproduksi pakan ternak. Tidak hanya itu, Bank Jombang Banknya kabupaten Jombang juga turut mendukung permodalan bagi pelaku usaha melalui Kredit Usaha Daerah.

Mereka yang tidak mendapatkan KUR dari perbankan akan dibantu oleh Kurda dari Bank Jombang. Semua ini dalam rangka meningkatkan atau memulihkan perekonomian, pungkasnya.

Dalam Study Banding itu, Wakil Bupati Sumenep dan rombongan juga melakukan kunjungan ke Sentra Aneka Camilan, Sentra Kerajinan Manik-manik, Rumah Produksi Pembuatan aneka Dodol dan Frozen Food. Tidak hanya itu, rombongan ini juga mengunjungi Wisata Desa UMKM Kayangan, dan Wisata Desa Kopi Wonosalam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.