Prestasi-Prestasi Cemerlang AKP. Moch Mukid Selama Bertugas Di Polres Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id – Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Jombang, AKP. Moch Mukid berpindah tugas ke Polda Jawa Timur. Mukid diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit I, Subdit III, Ditresnarkoba Polda Jatim berdasarkan surat telegram nomor ST/231/IX/KEP/2021 tertanggal 18 Oktober 2021.

Acara serah terima jabatan AKP Moch Mukid rencananya akan dilaksanakan pada 2 November 2021. Penggantinya adalah AKP Muhammad Riza Rahman yang sebelumnya menjabat Kasat Intelkam Polres Malang.

Selama bertugas di Jombang, Moch. Mukid sukses torehkan namanya dalam catatan emas pengungkapan kasus Narkoba. Ia dan seluruh tim Reserse Narkoba Polres Jombang juga sukses ungkap kasus besar dengan barang bukti milyaran rupiah.

  1. Sukses Ungkap Kasus-kasus besar Sindikat Narkoba.

Selasa (23/2/2021) Satresnarkoba Polres Jombang dalam Pimpinan Moch. Mukid sebagai Kepala Satuan berhasil mengungkap kasus narkoba, dari 4 tersangka diringkus tim Satresnarkoba pada Rabu (17/2/2021) dini hari pukul 00.30 WIB di kediaman tersangka Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Dari penangkapan tersebut, Polisi mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 409,51 gram, pil koplo berlogo “Y” sebanyak 128 botol, total berisi 128.000 butir, pipet kaca, 5 korek api, HP 4 buah, 2 alat hisab, timbangan satu unit, uang Rp 700 ribu. “Empat orang tersangka ini sebagai pengguna juga pengedar,” ujar Kapolres Agung.

Selain kasus diatas, Ia juga sukses ungkap kasus penyelundupan Narkotika. Pertama narkoba 1000 butir pil dobel L dalam buah salak pada Agustus 2020 lalu. Dalam kasus tersebut, anggotanya berhasil membekuk tersangka berinisial VN di Daerah Kabupaten Nganjuk, Jatim.

Tiga bulan berikutnya, November 2020, mengungkap penyelundupan narkoba sabu dan pil ineks dalam kemasan kerupuk. Dalam kasus pemesan narkoba berinisial NC ditetapkan tersangka.

Dan ungkap kasus ketiga mengagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dimasukkan ke dalam cabai rawit. Barang haram itu dikirimkan tersangka WA alias AR bersamaan dengan paket makanan dan beberapa bumbu dapur pada 25 Mei 2021 lalu.

“Menurut saya tiga kasus ini yang paling berkesan. Karena pengungkapannya ini juga tidaklah mudah,” ujar Moch Mukid.

  1. Rutin Menggelar Patroli Skala Besar Patuh Prokes Selama Pandemi

Selama PPKM di Jombang, Moch. Mukid beserta jajarannya rutin melakukan Patroli gabungan skala besar patuh prokes. Hal ini bertujuan untuk menekan angka positif Covid-19. Tidak pernah lelah Ia menghimbau dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Menyasar ke pusat-pusat keramaian mulai dari pasar, mall, warung kopi hingga PKL di jalan pusat Kota Jombang.

  1. Karya lagu yang berjudul “IBUKU” Di apresiasi Presiden Ke-6 SBY

Selain bertugas sebagai seorang polisi. Mukid juga gemar berkarya dalam seni musik. Ia gemar menulis lagu bahkan beberapa diantaranya viral hingga diapresiasi oleh SBY pada saat itu dengan judul “IBUKU”.

Lagu itu diunggah di akun Youtube milik AKP Mochamad Mukid SH pada 3 Juni 2019 lalu dengan durasi waktu 4 menit 46 detik. Di video klip lagu tersebut juga terdapat sejumlah foto kenangan Ani bersama SBY semasa hidupnya.

“Semoga lagu ini bisa menjadi obat rindu dan agar selalu ingat betapa besar jasa dan kasih sayang ibu untuk keluarga serta kita wajib menghormati dan menyayangi kedua orang tua paling utama ibu kita,” kata Mukid kala itu.

Semua prestasi yang berhasil diraihnya tentu tak lepas dari peran institusi kepolisian dan para wartawan serta rekan-rekan lainnya yang selama ini terjalin dengan hubungan baik.

“Bagi saya, bertugas dimanapun adalah sama dan harus dilaksanakan dengan sepenuh hati, tulus, ikhlas dan bertanggungjawab. Dan yang paling penting adalah hubungan pertemanan dan persaudaraan dengan rekan-rekan wartawan harus terus terjalin serta tetap solid,” Punkas Polisi yang sekerang sudah menyandang jabatan Kanit I, Subdit III, Ditresnarkoba Polda Jatim.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.