Hidup Dengan Totalitas, Sekalian Mandi Jika Terlanjur Basah Oleh AKP Moch Mukid SH

Jombang, Padangbulan.co.id – Kasat Resnarkoba Polres Jombang AKP Mochammad Mukid berbicara di hadapan belasan wartawan yang tergabung dalam PMKWJI (Perkumpulan Mitra Kerja Wartawan Jombang Indonesia) Jombang, Kamis (28/10/2021). Acara tersebut berlokasi di kediaman ketua PMKWJI M. Masrur, ST atau biasa disapa sebagai Gus Masrur.

Dalam sambutanya Mukid mengisahkan perjalanan karirnya, mulai masa awalnya menjadi seorang polisi hingga menjabat sebagai Kasat Resnarkoba. Banyak pelajaran yang dipetik dari perjalanan hidupnya itu. Tentang kesederhanaan, tentang optimisme, serta tentang semangat meraih cita-cita. Juga tentang pahit, getir, dan manisnya kehidupan.

Dalam menjalani kehidupan, polisi yang hobi menciptakan lagu ini memiliki prinsip bahwa hidup dalam melakukan sesuatu harus seratus persen dan totalitas. Ia menyebutnya dengan “Sekalian mandi jika terlanjur basah”.

Didepan seluruh rekan wartawan PMKWJI, Mukid menjelaskan bahwa filosofi kata-kata tersebut, jika melakukan suatu hal jangan setengah-setangah, lakukan dengan sepenuh hati, semangat dan pantang menyerah.

Itu hanya satu tema tentang hidup yang diungkapkan AKP Mukid. Masih banyak dimensi-dimensi lain yang disinggung oleh perwira dengan tiga balok di pundak ini.

Selama ini, Mukid memang dikenal dekat dengan rekan-rekan wartawan. Beberapa kegiatan yang dilakukan saat menjabat Kasat Reskoba kerap kali melibatkan para wartawan hingga pada saat pembuatan video klip dari lagu ciptaanya sendiri pun turut melibatkan rekan wartawan sebagai pemain peran dan figuran.

Sedikitnya sudah 16 lagu yang diciptakan oleh Mukid selama ini dan salah satunya booming hingga diakui oleh presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang berjudul “IBUKU”. Dalam lagu tersebut, Mukid mencurahkan rasa kagumnya atas sosok Ibu Ani Yudhoyono. Selain itu ada juga beberapa lagu ciptaanya yang viral seperti “TAUBAT” yang dicover oleh artis New Monata, Sodik.

Dalam acara tersebut, Mukid meminta restu dan doa atas pindah tugasnya ke Polda Jatim Surabaya dengan jabatan Kanit 1 Subdit 3 Ditreskoba Polda Jatim, Ia berharap wartawan tetap solid. Hubungan sinergi dengan Satresnarkoba juga tetap terjaga. “Saya berharap hubungan ini tetap berlanjut, tentunya dengan pengganti saya nanti,” kata Mukid.

Acara itu dipungkasi dengan tukar cenderamata. Ketua PMKWJI Jombang Gus Masrur menyerahkan piagam penghargaan untuk AKP Mochammad Mukid. Begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.