Memperingati Hari Santri, Maulid Nabi dan Hari Jadi Desa ke 120, Desa Jombok Gelar Sholawatan

Jombang, Padangbulan.co.id – Dalam rangka memperingati maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, Hari Santri dan Hari Jadi Desa Jombok yang ke-120 tahun 2021, De’e decoracion dan masyarakat melantunkan Sholawat bersama Hadroh Asy-Syafaat, Kamis (21/10) malam.

Peringatan berlangsung di Dusun Pageng bersama penceramah KH. Nurhadi biasa disapa Mbah Bolong yang dihadiri langsung Kepala Desa Jombok bersama Tiga Pilar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat beserta seluruh perangkat dan perwakilan warga 8 dusun se Desa Jombok dengan tetap protokol kesehatan covid-19.

Kegiatan diawali pembagian masker oleh Kepala Desa Jombok Nugroho Adi Wiyono bersama Kepala Dusun Pageng Sudirman, do’a untuk para leluhur, Sholawat Nabi dilanjutkan ceramah Mbah Bolong.

Maulid Nabi adalah peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah di Kota Mekah. Perayaan ini adalah momen untuk mengingat, menghayati dan memuliakan kelahiran Rasulullah, ucap KH. Nurhadi saat ceramah.

“Semua ucapan dan perbuatan Nabi Besar kita adalah Sunah yang diturunkan kepada para sahabat dan umatnya sampai sekarang menjadi referensi bagi umat Islam seluruh dunia.

Nabi Muhammad itu manusia/hamba Allah, akan tetapi tidak seperti manusia pada umumnya. Beliau berlian diantara bebatuan yang menjadi panutan umat sampai akhir zaman dan mempunyai kemampuan intelektual ketuhanan yang mampu mentransformasi Wahyu Allah kepada hambanya.

Jadi apabila ada perbedaan aturan dalam pelaksanaan ajaran Nabi Muhammad adalah hal yang wajar selama tidak keluar dari tauhid, tidak usah dipermasalahkan, ujar Mbah Bolong.

“Saya berpesan agar menjalankan agama secara menyeluruh. Melakukan kegiatan ibadah tidak hanya di saat dalam masjid saja dan kegiatan wajib lainnya. Ibadah seharusnya dilakukan dalam aktivitas keseharian kita,” ujarnya.

Dengan membawa Islam dalam keseharian, Insya Allah bisa mencegah perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Nabi serta dapat menambah kecintaan kita sebagai hamba kepada Allah Subhana Wata’ala dan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam.

Syukur Alhamdulillah, pada malam ini kita dapat melaksanakan Sholawat bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Hari Santri dan Jadi Desa Jombok yang ke-120.

Semoga kita semuanya, bisa mendapatkan Syafa’at dari Baginda Rasulullah SAW pada hari akhir nanti dan semoga amal kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin ya rabbal aalamiin, tutup KH. Nurhadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.