Gempa Malang Terasa Hingga Tulungagung Dan Kediri

Malang, Padangbulan.co.id- Gempa magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.21 WIB.

Dikutip dari BMKG, pusat gempa berlokasi di 8.84 LS,112.51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang, Jawa Tiimur.
Lokasi gempa berada di 78 km Barat Daya Kab Malang Jatim.
Berkekuatan magnitudo 5.3 SR.
Titik koordinat gempa di 8.84 LS 112.51 BT, di kedalaman 33 km.
Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 75 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 98 km.

Arahan BMKG gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI.
Saran BMKG, Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.
Sejumlah warganet mengungkapkan merasakan guncangan gempa di wilayah Blitar, Tulungagung dan Kediri.
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,81 derajat LS; 112,49 derajat BT.
Gempa Selatan Jawa Timur itu terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Bambang.

Sementara itu, hasil monitoring gempa BMKG hingga pukul 09.43 WIB, Jumat, 22 Oktober 2021, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.
Masyarakat diimbau untuk tenang dan tidak terpengaruh adanya isu yang tidak tau kebeneranya.
Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa tektonik yang terjadi di selatan Jawa Timur yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.