PON XX Papua, Tim Sepak Bola Jatim Yakin Menangkan Laga Minggu Besok

Papua, Padangbulan.co.id – Tim sepak bola Jatim akan menghadapi sang juara bertahan, Jawa Barat (Jabar), dalam babak 6 besar PON XX Papua 2021. Pelatih Jawa Timur, Ruddy William Keltjes menegaskan, timnya siap memetik kemenangan melawan Jabar pada pertemuan yang akan diselenggarakan di Stadion Barnabas Youwe, Minggu (10/10/2021) besok. “Tidak apa-apa (masalah) melawan Jabar. Anak-anak harus menang, saya pelatih yang haus kemenangan,” ujar Ruddy Keltjes.

“Setiap pertandingan hanya kemenangan, tiada maaf untuk kekalahan,” kata dia melanjutkan. “Kalau datang ke sini hanya untuk kalah, ya buat apa,” tutur Ruddy Keltjes lagi.

Jatim punya modal berharga setelah mengalahkan Kaltim dengan skor mencolok 5-1 saat bertanding di Stadion Barnabas Youwe Kabupaten Jayapura, Jumat (8/10/2021) sore. Namun, pada pertandingan tersebut, Ruddy Keltjes menyorot beberapa hal mengenai penampilan pemainnya. Secara penampilan, dia mengakui, Dian Sasongko cs cukup superior saat melawan Kaltim. Namun, menurut Ruddy Keltjes, mental pemain Jatim harus dijaga. Dia melihat tim Jatim sering kehilangan fokus saat unggul dan ini sangat berbahaya. “Memang anak-anak kurang fokus, begitu gol dia hilang fokus. Mestinya tidak boleh karena sepak bola itu 45×2 ditambah tambahan waktu 8 menit,” ujar mantan pelatih Persebaya Surabaya itu.

“Saya tidak suka itu, tidak boleh meremehkan orang,” imbuhnya. Tidak hanya permainan tim Jatim di dalam lapangan, determinasi di luar lapangan pun juga menjadi perhatian Keltjes. Dia harus harus ekstra tegas dalam menanamkan sikap profesional kepada pemain Jatim. “Memang saya jaga itu untuk fokus dan lain-lainnya. Selama di hotel, saya jaga baik, dan saya percaya. Kemarin latihan sudah kelihatan, Ikshan naik,” tutur pelatih kelahiran Situbondo, 12 Februari 1952, itu. “Celakanya, anak muda ini tidak pandai jaga kondisi, kadang bagus tiba-tiba di pertandingan yang akan datang tidak bagus. Itu yang paling sulit untuk menjaganya,” imbuhnya. Ruddy Keltjes juga berencana melakukan rotasi untuk menjaga kondisi fisik pemain.

Hal itu dilakukan Ruddy untuk menyiasati jeda pertandingan yang sangat singkat di PON XX Papua 201. Sektor penjaga gawang Jatim pun diprediksi bakal mengalami rotasi seusai kiper Dicki Agung S mengalami benturan dan ditarik keluar pada menit ke-37. Namun, Ruddy memastikan rotasi ini tidak akan menjadi kendala. Dia optimistis, siapa pun pemain yang diturunkan akan bisa mengalahkan skuad Jabar. “Tidak apa-apa ganti penjaga gawang, kualitasnya sama. Di tempat kami semuanya sama. Lihat besok, susunannya sudah beda lagi tapi kualitas main sama,” tutur pelatih Jatim itu menjelang melawan Jabar di babak 6 besar PON XX Papua 2021.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.